Senin, 05 Juli 2010

event game maker bagian tiga

Event Game Maker - bagian tiga
Tutorial game maker kali ini merupakan akhir pembahasan dasar mengenai menu Event di game maker. Event yang akan di bahas pada tutorial ini adalah Other Event, Drawing event, Key Pressed dan Key Released Event.

No More Lives : Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian di dalam game maker yang terjadi pada saat semua nyawa karakter telah habis terpakai, event ini biasanya di gunakan untuk menampilkan layar game over,dll.

No More Health : Event ini jarang saya gunakan karena fungsinya sangat terbatas, saya mengganti event ini dengan sistem varibel ( pembahasan mengenai variable akan di bahas pada game maker tutorial selanjutnya.

End of Animation : Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian dalam game yang terjadi pada saat animasi suatu objek berakhir, event ini hanya efektif digunakan bila sprite yang digunakan mempunyai lebih dari satu subimage.

End of path : Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi ketika suatu objek mencapai batas dari suatu path yang sudah di tentukan ( pembahasan mengenai path akan di bahas pada tutorial game maker selanjutnya).

Close Button : Event ini hanya akan berfungsi jika kita mendisable fungsi “ treat close button as key yang ada pada global game setting---) other.
User Definied : Tidak ada penjelasan untuk Use definied karena event ini di buat dan didefiniskan oleh kamu sendiri dengan menggunakan keahlian gml kode.

Drawing event
Event ini berfungsi untuk menggambar suatu objek , misalnya Health suatu karakter, menggambar poligon ( dalam game 3D ) , dan segala sesuatu yang berhubungan dengan gambar dan settingnya.

Key pressed dan Key Released Events
Kedua event ini fungsinya hampir sama dengan Keyboard Event, di bawah ini merupakan perbedaan diantara ketiga event tersebut.
Keyboard Event : Fungsi ini akan terjadi bila pemain menekan dan menahan tombol, event ini biasanya digunkan untuk menggerakan pemain.
Key Pressed Event: Fungsi ini akan terjadi hanya satu kali yaitu tepat pada saat tombol ditekan sehingga mempunyai jeda waktu, event ini berfungsi untuk membuat karakter dapat menembakan projektil atau peluru kepada musuh.
Key Released Event: Fungsinya merupakan kebalikan dari key pressed event, sehingga event ini akan terjadi bila pemain berhenti melepaskan tombol.

Primbon Jawa dasar-dasar game maker

event game maker bagian dua

Event Game Maker - bagian dua
Tutorial game maker kali ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya yaitu mengenai bagaimana membuat event di game maker. Event yang akan di bahas pada tutorial ini yaitu : mouse event, dan other event.

Mouse Event
Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi pada saat ada interaksi dengan mouse ( klik kiri, klik kanan, dan lain-lain). Tidak hanya itu saja, event ini pun memungkinkan kamu untuk bisa membuat objek bisa berinteraksi dengan tombol-tombol di joystick.

Other Event
Event ini merupakan event yang paling bervariasi fungsinya :
Outside event : Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi pada saat suatu objek meninggalkan ruangan (room), contoh penggunaan event ini misalnya untuk membuat kejadian ketika karakter jatuh dari tebing,dll.

Boundary event : sama seperti Outside Event, hanya saja bila outside event akan terjadi jika seluruh bagian objek meninggalkan ruangan, sedangkan bila boundary event akan terjadi walaupun hanya sedikit bagian dari objek yang keluar dari ruangan.

Views event: berfungsi untuk menampilkan ruangan dalam sudut pandang berbeda, event ini biasanya di gunkan untuk game 3D.

Game Start Event : berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi pada saat permulaan game, event ini biasanya di gunakan untuk memanggil load data Secara otomatis atau memainkan musik pada saat intro game.

Game End Event : fungsinya merupakan kebalikan dari game start event, event ini biasanya di gunakan untuk membuat auto saving dalam suatu game.

Room Start event : berfungsi untuk membuat suatu kejadian dalam game yang terjadi pada saat stage di mulai, biasanya event ini digunakan untuk menginisialisasi objek-objek yang ada pada game.
Room End Event : berfungsi untuk membuat suatu kejadian dalam game yang terjadi pada saat stage usai atau pemain kembali lagi ke layer title.
Primbon Jawa dasar-dasar game maker

membuat event dalam game maker

Membuat Event dalam Game Maker
Pada tutorial game maker sebelumnya kamu telah memepelajari mengenai bagaimana membuat objek dalam game maker. Lalu, pada tutorial game maker kali ini kamu akan mempelajari bagaimana Membuat event dalam suatu objek.

Untuk membuat Event caranya cukup mudah yaitu masuk ke menu objek lagi, lalu klik add event. Di bawah ini merupakan penjelasan fungsi-fungsi tombol yang ada pada menu event.

Create Event
Menu ini berfungsi untuk membuat suatu event ( kejadian) ketika suatu objek tersebut dibuat. Menu ini biasanya digunkan untuk membuat variable objek dalam game.

Destroy Event
Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian ketika suatu objek dihancurkan dalam game, menu ini jarang di pergunkan karena menu ini bisa di wakili oleh Action “Destroy Instance”.

Alarm Event
Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang kita telah set waktunya, (pembahasan yang lebih terperinci akan di bahas pada tutorial selanjutnya).

Step Event
Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yan terjadi di saat suatu objek melakukan gerakan misalnya bergerak, melompat, atau menembak. Jika kamu mengetahui gml atau bahasa pemrograman game maker, maka menu ini sangat efektif untuk membuat perintah perintah menu “action” menjadi lebih singkat dan terorganisir.

Collision Event
Dalam game maker, menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi persis ketika suatu objek bertumbukan atau menyentuh objek lain. Menu ini sangat efektif untuk membuat kejadian seperti apakah yang terjadi bila peluru menyentuh karakter, atau bila karakter menyentuh power-up atau item.

Keyboard Event
Sesuai dengan namanya, menu ini berfungsi untuk membuat kejadian yang terjadi ketika suatu tombol di keyboard di tekan, misalnya bila keyboard di tekan maka akan membuka jendela inventory atau arah panah untuk menggerakan pemain.
Primbon Jawa dasar-dasar game maker

memasukan sprites ke dalam game

Memasukan Sprites Ke dalam Game
Sprites adalah gambar-gambar yang mewakili objek dalam suatu game, maksudnya bahwa sprite merupakan suatu alat untuk memvisualisasikan objek-objek yang sudah kita buat agar terlihat oleh pemain game. Contoh dari sprites misalnya : gambar karakter, gambar dinding atau gambar item.



( contoh gambar dalam bentuk strips)


Untuk Membuat sebuah sprite dalam game maker s
angat mudah yaitu pilih menu Sprites --) create sprites , (ubah dulu game maker menjadi advanced mode untuk mendapatkan hasil yang maksimal; caranya : “File---) Advanced mode”), setelah itu maka akan muncul tampilan berikut ini :


Pada kotak “name”, kamu dapat memberikan nama untuk sprite tersebut. Perlu di ketahui bahwa setiap sprites harus di beri nama berbeda dari sprites lain yang tujuannya untuk memudahkan kita mengelola sprites tersebut.

Untuk Memasukan gambar ke menu sprites klik “load sprite”, setelah itu pilih gambar mana yang akan kamu masukan lalu pilih “open”, jika kamu Memasukan animated gif maka sprite itu akan berubah penjadi potongan animasi.

Ceklis menu “Transparant” untuk membuat background gambar sprite kamu menjadi transparan.

Lalu terakhir menu “edit sprites”, berfungsi untuk melihat preview sprite kamu, menu ini juga bisa berfungsi untuk memanipulasi gambar dari mulai merotasi gambar, menambahkan alpha, dan mengelola gambar strips seperti yang di atas.

Fungsi precise collision checking, smooth edges, preload texture dan lain-lain akan di bahas pada pembahasan selanjutnya.


Primbon Jawa dasar-dasar game maker

game maker software pembuat game

Game Maker Software keren pembuat game
Pernahkah teman-teman bermimpi bisa membuat game yang hebat? , dan mengizinkan teman-taman anda untuk memainkan permainan ciptaan anda?.
Jika kedua jawaban tersebut anda jawab”Ya” berarti anda datang ke situs yang tepat, dan jika jawaban anda “tidak” maka anda beruntung karena berkesempatan untuk
bisa mempelajari ilmu yang bermanfaat.

Game!, sepertinya kata ini sudah tidak asing terdengar di telinga anda, karena dari mulai anak kecil samapai orang dewasa pun semua mengenalnya. Setiap detik, setiap menit, setiap jam, pokoknya setiap saat anda selalu bersamanya (maaf berlebihan, nggak juga kali ya! ).
Ok deh sekarang langsung ke intinya, di sini anda akan belajar bagaimana membuat game dengan software yang keren bin canggih yaitu “Game Maker”.

Game maker atau biasa disingkat”GM” adalah sebuah software komputer yang bisa memberikan akses untuk anda agar bisa membuat game hanya dengan metode mudah yaitu Drag & Drop.Bahkan jika anda bisa sedikit menguasai bahasa GML (Game maker Language) saya yakin anda akan mampu membuat game yang professional(di bahas pada bab selanjutnya).

Game Maker terdiri dari dua edisi yaitu Edisi Lite dan Edisi Pro. Kedua-duanya memiliki potensi besar untuk bisa membuat game yang hebat. Namun Edisi Pro memiliki keunggulan lebih yaitu: Menghilangkan logo game maker di saat loading, dan fitur tambahan lain.

Namun kabar baiknya, tidak seperti software lain yang mempunyai jangka waktu, Game Maker bisa di gunakan selama-lamanya (sasebeuhna) walaupun anda tidak melakukan register.

Dan hebatnya lagi, jika anda pandai anda bisa mengakali kode-kode yang ada di versi Pro sehingga bisa di gunakan di Versi yang Lite.
Jadi apa yang anda tunggu, mari kita langsung menuju ke TKP dan bersiap untuk membuat Game impian anda.

Untuk Versi yang Lite bisa di download disini :
http://wiki.yoyogames.com/images/f/fd/GM7.zip


Primbon Jawa dasar-dasar game maker