Rabu, 14 Juli 2010

teori cara membuat karakter bergerak

Teori cara membuat karakter bergerak
Pada tutorial game maker sebelumnya , kamu telah mempelajari tentang bagaimana cara membuat script di game maker. Lalu, Pada tutorial kali ini kamu akan mempelajari bagaimana cara membuat karakter yang bisa di gerakan oleh pemain.

Untuk bisa menggerakan pemain kita bisa menggunakan script motion set(dir,speed), [tekan disini untuk mempelajari cara membuat execute script di game maker ]. Di bawah ini merupakan penjelasan dari script motion set(dir,speed) :

Motion set : Script ini merupakan syntax inisialisasi yang berfungsi untuk memerintahkan objek agar melakukan motion atau gerakan yang sudah kita set (atur) .

dir : dir merupakan kependekan dari direction yang artinya arah yang berfungsi untuk menentukan arah gerakan suatu objek, dalam game maker direction mempunyai rentang nilai dari 0-360.
Nilai 0 berarti arahnya ke kanan.
Nilai 45 berarti arahnya ke kanan atas.
Nilai 90 berarti arahnya ke atas.
Nilai 135 berarti arahnya ke kiri atas.
Nilai 180 berarti arahnya ke kiri.
Nilai 225 berarti arahnya ke kiri bawah.
Nilai 270 berarti arahnya ke bawah, dan
Nilai 315 berarti arahnya ke kanan bawah.

Intinya bahwa nilai direction (dir) merupakan sebuah lingkaran yang berbentuk 360 derajat yang titik 0 derajatnya di mulai dari kanan, dan arahnya berlawanan dengan arah jarum jam.

Speed : speed atau kecepatan berfungsi untuk menentukan seberapa cepat objek harus bergerak. Kamu bisa mengisi nilai speed dengan angka.

Jadi kesimpulannya bila kamu menulis script di execute script : motion set(270,7) artinya kamu memerintahkan suatu objek untuk melakukan gerakan yang arahnya ke bawah dengan kecepatan sebesar 7.
Primbon Jawa kerangka game maker