Selasa, 26 Juli 2011

Command & Conquer 4: TIBERIAN TWILIGHT

Serial game yang bertemakan pertikaian antara pihak Global Defense Initiative (GDI) dan Brotherhood of Nod atas sumber daya bernama Tiberium ini kabarnya akan diakhiri pada game terbarunya ini.

Game ini meneruskan cerita setelah berakhirnya perang antara kedua pihak pada Command & Conquer 3. Perang yang membawa akibat datangnya makhluk luar angkasa bernama Scrin tersebut ternyata memberikan pukulan yang sangat menyakitkan untuk kedua belah pihak. Setelah GDI dan Nod berhasil mengusir Scrin, pertikaian baru muncul dan kembali mengancam kedamaian di bumi.


Perubahan paling mencolok dari game ini adalah bentuk permainannya. Perubahan tersebut bisa dikatakan cukup mengejutkan para penggemarnya. Setelah selama ini setia dengan bentuk permainan yang digunakan game real time strategy pada umumnya, yaitu membangun base untuk menyiapkan pasukan perang, game ini ternyata meninggalkannya secara keseluruhan. Kini, Anda kan bertemu dengan permainan yang lebih mementingkan aksi dibandingkan membangun base.

Sebagai pengganti Mobile Construction Vehicle (MCV) yang merupakan ciri khas serial game ini, Anda akan bertemu dengan Walker. Anda menggunakan Walker sebagai base berjalan yang bisa dibongkar pasang setiap saat. Semua unit tempur dibangun melalui Walker tersebut.

Walker terbagi menjadi tiga jenis yang dibagi berdasarkan peran yang dapat dijalankannya. Ketiga Walker tersebut terbagi menjadi Offensive, Defensive, dan Support. Walker Offensive digunakan untuk membuat unit dengan kemampuan serang tinggi, seperti tank dan robot tempur. Berbeda dengan Defensive yang mampu membangun benteng perlindungan  berupa bunker, turret, dan anti-udara yang kuat serta didukung unit infantri. Kemudian, Support merupakan pendukung penyerangan yang berkonsentrasi di unit udara. Ketiga Walker tersebut dapat anda pilih kapan pun ketika berada di tengah pertempuran. Tapi ingat, Anda hanya dapat menggunakan satu jenis Walker saja ketika bertempur. Jadi, Anda harus menjual Walker yang Anda gunakan terlebih dahulu untuk menggunakan jenis Walker lain.

Setiap unit tempur yang dapat Anda bangun memiliki biaya yang disebut dengan Command Point. Besarnya biaya unit tersebut tergantung dari ukurannya, misalnya unit dengan ukuran kecil membutuhkan biaya 3 poin, sedangkan unit berukuran besar dapat mencapai 10 poin. Anda dapat membangun unit sebanyak - banyaknya asalkan jumlah biaya tidak melebihi batas atas Command Point yang telah ditentukan. Keterbatasan unit tersebut dikompensasi dengan adanya peningkatan kemampuan unit melalui kenaikan level, upgrade, dan power up.

Setiap pertempuran yang Anda ikuti akan menghadiahkan nilai pengalaman (Experience) yang digunakan untuk meningkatkan level. Berbeda dengan level unit, kenaikan level komandan yang anda gunakan akan membuka akses menuju unit tempur baru yang lebih kuat, teknologi baru, dan kemampuan baru yang dapat digunakan di pertempuran. Anda dapat meneliti teknologi dengan mengambil kristal yang tersebar di medan pertempuran. Sedangkan kemampuan tempur dapat Anda gunakan setiap saat dan kemampuan yang dapat digunakan tergantung dari jenis Walker yang digunakan.

Perubahan bentuk permainan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Pertempuran memang menjadi lebih dinamis. Tetapi, bisa dipastikan akan menuai kecaman keras dari penggemar game ini. Selain itu, keharusan memiliki koneksi internet untuk memainkan game ini cukup menyulitkan para pemainnya.

Website Resmi: http://www.commandandconquer.com/

Spesifikasi Minimum:


  1. Windows XP SP3 / Vista SP1 / Windows 7
  2. Proccesor: Core 2 Duo 2.0GHz / Athlon 64 X2
  3. Memory: 1GB (Windows XP) / 2GB (Windows Vista dan Windows 7)
  4. Hard drive: 10GB
  5. Video card: 256 MB Video Memory dengan Shader model 3.0 (NVIDIA GeForce 6800 / ATI Radeon X1600)


Primbon Jawa Real-time strategy

Command & Conquer 3: KANE'S WRATH

Dunia yang digambarkan dalam seri game Command & Conquer selalu lekat dengan dua hal, yaitu Tiberium dan Kane. Setelah jatuhnya meteor yang menyebabkan bumi terinfeksi oleh kristal hijau bernama Tiberium, nama Kane selalu muncul di setiap konfrontasi yang melibatkan kristal tersebut. Brotherhood of Nod yang dipimpinnya merupakan organisasi yang berjuang melawan tirani Global Defence Initiative (GDI). Hal tersebut terjadi karena GDI menutup daerah yang bebas dari infeksi Tiberium untuk penduduk dari negara kaya dan membiarkan negara dunia ketiga menderita di daerah yang mulai terinfeksi yang bernama Yellow Zone. Selain itu, Kane juga memiliki ambisi tersembunyi yang berhubungan dengan Tiberium.


Anda akan memerankan seorang komandan yang mulai bertempur setelah kekalahan Kane di perang Tiberium pertama (yang terjadi pada game Command & Conquer pertama yang dirilis tahun 1995). Karier Anda akan terus menanjak hingga pada akhirnya anda ikut berperang dalam perang Tiberium ketiga yang terjadi pada game Command & Conquer Tiberium Wars. Bahkan, Anda akan menemukan misi yang berjalan bersamaan dengan misi yang terjadi di game Command & Conquer 3. Bedanya, misi tersebut dijalankan dari sudut pandang komandan lain. Oleh karena itu, Anda hanya dapat menemukan misi yang berhubungan dengan Brotherhood of Nod saja dalam game ini.

Mekanika game tidak diubah banyak dalam game ini. Kebanyakan unit masih memiliki kekuatan yang sama seperti Command & Conquer 3 dengan sedikit perubahan untuk menyeimbangkan permainan antara ketiga jenis bangsa, yang bisa Anda mainkan melalui mode skirmish dan Multiplayer. Anda bisa menemukan cukup banyak unit baru serta kekuatan pendukung yang dapat digunakan dalam permainan. Kekuatan pendukung tersebut  dapat digunakan terlepas dari unit yang Anda miliki dan setiap penggunaannya memiliki waktu tunggu selama beberapa menit.

Pada dasarnya, game ini masih menggunakan tiga jenis bangsa. Namun, setiap bangsa tersebut dibagi menjadi tiga jenis faksi sehingga secara keseluruhan, Anda dapat menemukan sembilan jenis faksi. Setiap faksi tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Contohnya, bangsa GDI terbagi menjadi tiga faksi, yaitu GDI, Steel Talons, dan ZOCOM. GDI memiliki gaya bermain yang seimbang antara kekuatan infantri dan kendaraan tempur. Steel Talons memiliki pasukan kendaraan tempur yang lebih kuat dengan adanya Walker (tank yang memiliki dua kaki). Selain itu, mereka juga memiliki kendaraan dengan kemampuan reparasi. Lain halnya dengan ZOCOM yang memiliki pasukan infantri yang kuat seperti Zone Raider.

Selain unit dengan kemampuan khusus tersebut, game ini juga memperkenalkan unit khusus yang berukuran besar dan kuat. Karena kemampuannya yang berada di atas rata-rata, unit tersebut hanya dapat dibangun satu buah saja. Unit tersebut juga memiliki kelebihan lain selain kekuatannya yang luar biasa. Contohnya, tank MARV yang dimiliki oleh GDI. Selain memiliki kekuatan serangan yang besar,ia dapat memanen Tiberium dengan melewatinya saja.....!

Anda dapat menemukan mode permainan baru yang dinamakan Global Conquest. Mode ini membawa Anda pada penguasaan dunia melawan dua faksi lain. Permainan ini berjalan secara bergiliran dan Anda akan mendapatkan tujuan yang harus dicapai untuk menjadi pemenangnya. Setiap kali Anda diserang atau menyerang daerah lain, pertempuran akan kembali dimainkan secara real-time. Setiap markas yang anda buat dapat ditingkatkan atau di upgrade teknologinya demi mendapatkan unit yang lebih kuat. Mode ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan anda disarankan untuk menyelesaikan mode Campaign dan Skirmish terlebih dahulu.

Website Resmi : http://www.commandandconquer.com/

Spesifikasi Minimum :


  1. Windows: XP / VISTA
  2. Processor: Intel Pentium IV 2 GHz atau AMD Athlon 2000+ (Windows XP) / Intel Pentium IV 2,2 GHz atau AMD Athlon 2200+ (Windows Vista)
  3. Memory: 512 MB RAM (Windows XP) / 1024 MB (Windows Vista)
  4. Hard drive: 6 GB 
  5. Video card: NVIDIA GeForce 4+ atau ATI Radeon 8500+ (Windows XP) / NVIDIA GeForce 6100+ atau ATI Radeon 9500+ (Windows Vista)
  6. DirectX: 9.0c
Primbon Jawa Real-time strategy

Command & Conquer 3: Tiberium Wars

Anda akan dibawa menjelajahi dunia C&C 3 yang dipenuhi oleh kristal hijau bernama Tiberium dan serangan bangsa yang berasal dari luar bumi bernama Scrin dalam sudut pandang seorang Commando GDI bernama Ricardo Vega. Permainan diwarnai oleh aroma peperangan taktikal yang kental karena anda memiliki kemampuan untuk memimpin pasukan yang dapat anda pilih jenisnya (seperti tank dan infantri).

Sistem pasukan yang digunakan dalam game ini mirip dengan C&C 3. Pasukan yang dikalahkan oleh musuh dapat digantikan jenisnya dengan jenis pasukan yang lain, tergantung dari gaya permainan yang anda pilih. Untungnya, pihak pengembang menjanjikan kemudahan dalam pengaturan pasukan. Cukup menekan satu tombol dan pasukan akan langsung bertindak sesuai keadaan lingkungannya.

Website : http://www.commandandconquer.com/
Primbon Jawa Real-time strategy