Jumat, 29 Juli 2011

MEDAL of HONOR AIRBORNE

Medal of Honor Airborne memiliki permainan yang sekilas sama dengan game FPS lain. Anda harus menyelesaikan beberapa tujuan yang nantinya akan membawa Anda ke tujuan lain yang lebih besar. Bedanya, Anda memiliki kebebasan untuk menentukan tujuan mana yang ingin Anda selesaikan terlebih dahulu. Anda akan dibantu oleh prajurit lain yang ikut berperang bersama.


Ketika Anda menyerang sebuah tujuan, Anda akan menemukan beberapa cara untuk menyelesaikannya. Anda dapat memilih untuk menyerang secara frontal bersama prajurit lain atau mencari jalan lain untuk menyerang dari samping dan belakang. Satu hal pasti, Anda harus terus maju. Karena semakin lama Anda berada di satu tempat, posisi anda akan semakin terjepit dengan serangan musuh yang pintar.

Cara bertempur dalam game ini cukup unik. Dengan menekan tombol membidik yang diwakili oleh klik kanan mouse, Anda dapat menggerakan kepala ke beberapa arah. Feature ini sangat berguna untuk menembak dari balik perlindungan, yang merupakan satu-satunya penghalang antara Anda dengan peluru musuh. Cukup cari perlindungan yang dapat berupa apa saja, mulai dari pagar batu hingga kereta kuda, klik kanan mouse, dan tekan tombol arah yang anda inginkan untuk mengintip keluar dari perlindungan tersebut. Bila Anda mulai terdesak dengan serangan musuh (musuh dalam game ini cukup pintar), segera lari untuk mencari perlindungan baru.

Senjata yang anda gunakan dapat berkembang menjadi lebih baik seiring dengan jumlah musuh yang dikalahkannya. Senjata akan mendapatkan upgrade yang beragam jenisnya, seperti pelontar granat, kecepatan menembak yang tinggi, dan bayonet. Senjata akan mendapat poin upgrade lebih besar jika anda selalu menembak tepat di kepala musuh.

Game ini memberikan banyak bonus yang tersembunyi di setiap level-nya. Sebuah level akan dinilai melalui peringkat bintang berdasarkan performa Anda ketika bermain. Semakin sedikit Anda mati atau tingginya akurasi menembak, semakin banyak bintang yang Anda dapatkan (maksimal lima bintang). Peringkat ini berguna untuk mendapatkan medali yang nantinya akan membuka bonus yang menarik.

Anda juga akan ditantang untuk menemukan daerah mendarat khusus yang ditandai dengan parasut. Anda juga dapat bebas mendarat dimanapun, seperti di atas atap dan mulai menggunakan senapan sniper.

Kualitas tampilan game ini sangat tinggi. Selain menggunakan engine 3D Unreal 3 yang memiliki tingkat polygon yang tinggi, efek yang bisa Anda lihat ketika bermain juga tidak kalah bagusnya. Game ini didukung oleh aransemen musik yang tidak kalah bagus dibandingkan film perang dunia kedua holywood seperti Saving Private Ryan.
Primbon Jawa First-person Shooter

ArmA II

Armed Assault (ArmA) merupakan game perang yang memberikan kebebasan bergerak di area yang luas untuk menjalankan misi Anda. Pada seri keduanya ini, Anda diberikan lebih banyak kebebasan dan beberapa feature abru yang menarik. Selain itu, game ini dibentuk sesuai dengan bentuk geografis asli sebuah daerah di Ceko, negara pecahan Rusia. Oleh karena itu, bentuk lingkungan game ini dapat terlihat begitu alami.


Lingkungan tersebut ternyata juga mendapat perhatian khusus oleh pihak developer game. Kali ini, Anda dapat menemukan faktor yang tidak disangka ketika bertempur. Misalnya, rencana penyergapan yang telah anda susun dari sebuah hutan gagal total karena Anda bertemu dengan kelompok babi hutan yang bersarang disana.

Selain itu, penduduk sekitar juga memiliki kehidupan yang dapat memperkaya pengalaman bertempur Anda. Contohnya, Anda harus meyakinkan seorang nenek yang tinggal di sebuah desa untuk meninggalkan rumahnya. Alasannya, daerah itu akan menjadi kantong pertahanan pasukan Anda dan pertempuran hebat akan terjadi disana. Namun, nenek tersebut tidak ingin meninggalkan rumahnya karena tempat itu adalah harta satu-satunya. Keterlibatan terhadap lingkungan ini terlihat cukup menarik.

Tambahan lain yang menarik adalah tingkat kepandaian musuh yang semakin meningkat. Gerakan mereka akan didasarkan pertimbangan keadaan dan posisi pasukan di daerah pertempuran.

Company of Heroes: Tales of Valor

Kali ini anda akan berperan sebagai pasukan angkatan darat Jerman ketika perang dunia kedua. Bedanya, kali ini Anda tidak direpotkan oleh berbagai kebutuhan untuk mengambil poin dan membangun pasukan seperti Company of Heroes sebelumnya. Kini, Anda hanya diberi tugas untuk  mengendalikan satu unit saja, yaitu Tiger Tank, tank terkuat yang pernah ada ketika perang dunia kedua berlangsung.


Pengendalian tank tersebut sama seperti ketika anda bermain Real-time Strategy biasa. Klik mouse akan menjalankan tank tersebut. Bedanya, meriam tank akan mengikuti posisi pointer mouse Anda. jadi, Anda dapat dengan mudah memberi perintah menembak tanpa harus mengklik posisi musuh untuk menggerakkan meriam. Selain itu, Anda juga dapat mengubah jenis peluru yang digunakan sesuai dengan keadaan dan setiap keberhasilan mengalahkan musuh, anda akan mendapatkan amunisi tambahan.

Walau Anda berada di dalam tank terkuat, bukan berarti Anda dapat dengan mudah menembus pertahanan musuh. Musuh akan melengkapi dirinya dengan perlengkapan anti-tank dan ada kalanya tank Anda harus diperbaiki ketika menghadapi serangan telak. Pada saat itu, kru Anda harus keluar dari perlindungan baja Tiger Tank yang super tebal dan memperbaikinya, sementara Anda melindungi mereka dengan tembakan.
Primbon Jawa Real-time strategy