Senin, 01 Agustus 2011

Left 4 DEAD

Cerita yang Anda temui dalam game ini mungkin terkesan dangkal. Anda hanya diberi sedikit gambaran bahwa sebuah kota telah terinfeksi virus rabies berbahaya yang membuat penduduknya menjadi makhluk yang buas yang tidak memiliki kesadaran (disebut Infected). Anda akan memerankan salah satu dari empat orang yang kebal terhadap virus tersebut (disebut Survivor). Asal mula virus itu sendiri tidak dijelaskan, tetapi Anda dapat mengetahui cerita mengenai keadaan daerah sekitar melalui tulisan tembok (yang jumlahnya cukup banyak dan menarik untuk dibaca).


Karena para Infected sebenarnya adalah orang biasa, maka anda dapat dengan mudah membunuhnya dengan senapan api. Masalahnya, mereka biasanya menyerbu posisi Anda secara bergerombol (hingga 30 Infected dapat menyerang Anda dari berbagai arah) dengan berlari dan mereka menyerang dalam beberapa gelombang serangan. Serangan bergerombol tersebut disebut Horde. Selain itu, para Infected dibantu oleh karakter yang disebut Boss Infected. Mereka merupakan Infected yang telah berevolusi menjadi mesin pembunuh dengan kemampuan yang unik.

Anda dapat menemui Boss yang terbagi menjadi Smoker, Hunter, Boomer, Tank, dan Witch. Mereka semua memiliki kemampuan khusus, misalnya menjerat karakter Anda dari jarak jauh (Smoker), menerkam (Hunter), memuntahkan cairan yang menarik kehadiran Horde (Boomer), kekuatan yang dahsyat (Tank), dan sebaiknya Anda jangan ganggu Witch bila tidak ingin mati. Kehadiran mereka dibuat lebih mencekam dengan suara yang ditimbulkannya jika berada di sekitar Anda. Contohnya, suara geraman Hunter yang mirip binatang buas dan tangisan Witch yang membuat merinding.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tugas Anda dalam game yang dipenuhi musuh ini adalah bertahan hidup dari satu poin ke poin lain. Poin tersebut dinamakan Safe Room. Ruangan yang ditandai oleh pintu berwarna merah tersebut memberikan Anda kesempatan untuk mengisi peluru dan mengobati karakter Anda menggunakan Medical Kit. Karena jumlah Medical Kit yang sangat sedikit di sepanjang permainan, Anda dapat menggunakan milik Anda untuk mengobati karakter lain yang lebih membutuhkan dengan resiko keselamatan Anda sendiri.

Karena game ini sangat membutuhkan kerja sama antarpemain, maka sebaiknya Anda memainkannya bersama teman Anda melalui jaringan LAN atau Internet. Sayangnya, game ini sangat tidak bersahabat untuk para pemain yang ingin bermain LAN dengan tidak disediakannya menu lobby LAN. Untungnya, Anda dapat menggunkan beberapa perintah console yang ada di bawah artikel ini untuk membuat sendiri sesi LAN tanpa membutuhkan koneksi Internet dan instalasi program Steam di komputer Anda.

Dan pada Akhir kata, game ini seru untuk dimainkan berulang kali karena posisi kemunculan Infected yang selalu acak. Selain itu, Anda dapat bermain melawan teman lain (empat orang survivor dan sisanya Boss Infected) menggunkan peta versus yang menegangkan.

TRIK BERMAIN LAN MELALUI PERINTAH CONSOLE

Kurang bersahabatnya Left 4 Dead untuk para pemain melalui jaringan LAN ternyata dapat diakali dengan memasukkan beberapa perintah melalui console. Berikut caranya:


  1. Aktifkan console dengan memilih "Option | Keyboard/Mouse | Enable Developer Console".
  2. Pada menu utama, tekan tombol ~ pada keyboard Anda (tombol berada di samping kiri tombol 1) untuk membuka layar console.
  3. Ketik perintah berikut:
    sv_lan1
    net_start
    map (tekan Tab untuk memilih peta setelah menekan tombol spasi contoh map ****)
  4. Permainan akan segera dimulai setelah Anda memasukkan perintah map. Untuk mengubah tingkat kesulitan, ketik:
    z_difficulty (pilih salah satu: easy, normal, hard, atau impossible)
  5. Untuk komputer lain yang ingin bergabung ketik:
    connect (alamat ip komputer yang mengetik perintah di poin 3).

Untuk DEWASA

Website Resmi: www.l4d.com

Spesifikasi Minimum:


  • Windows XP / Vista 32-bit
  • Proccesor: Intel Pentium IV 3 GHz
  • Memory: 1 GB
  • Hard drive: 7.5 GB
  • Video Card: 128 MB RAM dengan Shader Model 2.0 (Nvidia GeForce 6600 atau ATI Radeon 9600) DirectX 9.0c

Call Of Duty: World At War

Game ini masih menggunkan pola cerita yang sama seperti Call of Duty 4, yaitu mengikuti peperangan melalui beberapa orang yang berbeda. Pada suatu waktu, Anda akan berperang bersama pihak Amerika melawan tentara jepang pada perang pasifik. Kemudian, Anda akan akan diajak untuk merasakan pertempuran besar melawan pasukan jerman melalui mata Soviet. Semua itu dirangkai ke dalam sebuah cerita yang menarik dan seru.


Satu hal yang patut diperhatikan mengenai bangsa musuh yang Anda lawan adalah perbedaan bentuk serangan mereka. Ketika Anda melawan tentara Jerman, mereka lebih menggunakan taktik dan persenjataan berat untuk menggempur posisi Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu siap dihujani granat, dihantam peluru tank, dan roket. Lain halnya dengan pasukan Jepang. Mereka lebih rela menerjang maju dengan bayonet dan mati ketimbang menggunakan senjata berat. Selain itu, mereka juga memiliki banyak jebakan untuk menghabisi pasukan Anda. Bahkan, tentara jepang yang sekarat masih berusaha membunuh Anda dengan menjatuhkan granat dan menembakkan pistolnya!!

Sisi permainan pada game ini tidak banyak mendapat perubahan yang berarti dibandingkan game Call of Duty sebelumnya. Seperti sebuah game First Person Shooting lainnya, game ini menawarkan banyak pilihan senjata yang dapat Anda gunakan untuk melawan musuh. Walau demikian, bukan berarti game ini tidak memiliki feature yang menarik. Beberapa feature menarik yang patut diperhatikan  dalam game ini adalah rahasia yang dinamakan Death Card, mode cooperation yang menarik, dan tampilan yang berisi kekerasan.

Beberapa level permainan menyimpan sebuah rahasia yang bernama Death Card. Rahasia ini berupa sebuah senapan yang ditancapkan di tanah dan helm di atasnya. Guna Death Card tersebut dapat Anda rasakan ketika bermain dalam mode cooperation. Mode tersebut memberi Anda kesempatan untuk bermain dan bekerja sama bersama teman (hingga empat orang) melalui jaringan LAN. Walau beberapa Death Card memberi Anda bantuan, cukup banyak yang justru mempersulit permainan dan memperkuat musuh. Beberapa contoh Death Card misalnya menghidupkan teman yang terluka dengan menembaknya (mempermudah menghidupkan teman yang berada jauh dari posisi Anda), membuat musuh hanya bisa mati jika tertembak kepalanya (Head Shot), dan membuat musuh tidak menjatuhkan senjata atau peluru!! Mode cooperation juga memiliki peta menarik yang membawa Anda bersama teman Anda bertahan di sebuah rumah melawan tertara Zombie Nazi!!

Selain Death Card, Anda juga dapat meningkatkan pangkat karakter yang Anda pakai melalui beberapa kriteria. Contoh kriteria tersebut misalnya mengalahkan musuh dengan pistol sebanyak 250 kali dan pisau sebanyak 100 kali. Setiap kriteria yang berhasil Anda penuhi akan memberikan nilai pengalaman yang pada akhirnya meningkatkan pangkat Anda.

Tingkat kekejaman yang ditampilkan pada game ini harus diakui cukup tinggi. Kekerasan pasukan Jepang terhadap tahanannya dan sikap Soviet yang brutal terhadap musuh yang tidak berdaya membuat game ini mendapatkan rating untuk game tingkat DEWASA. Apalagi semua itu didukung oleh kualitas tampilan 3D yang sangat bagus dan terlihat mendekati dunia nyata.

Website Resmi: www.callofduty.com/CoDWW

Spesifikasi Minimum:


  • Windows XP/Vista 32-bit
  • Processor: Intel Pentium IV 3 GHz atau AMD Athlon 64 3200+
  • Memory: 512 MB (Windows XP) / 1GB (Windows Vista)
  • Hard Drive: 8GB
  • Video Card: 256 MB Video RAM (NVIDIA GeForce 6600GT atau ATI Radeon 160XT) DirectX 9.0c
Primbon Jawa First-person Shooter

Empire: Total War

Kolosal dan strategis merupakan dua kata yang cocok untuk menggambarkan setiap pertempuran yang ada dalam Empire: Total War. Game ini masih mengikuti tradisi yang dipegang teguh oleh seri game Total War, yang juga membuatnya menjadi salah satu game Real-time Strategy (RTS) dengan jumlah unit terbanyak dalam setiap pertempuran setelah Cossack. Game ini juga memberikan feature terbaru yang menarik, yaitu pertempuran di atas laut dengan menggunakan kapal tempur yang sesuai dengan zamannya.


Setiap kapal tempur tersebut diberikan detail tampilan dan mekanika yang sangat akurat dengan kapal aslinya. Bahkan pergerakkannya juga mirip dengan kapal aslinya. Setiap kapal tersebut dihuni oleh ratusan prajurit yang menjalankannya.

Pertempuran di atas laut tidak hanya didominasi oleh perang jarak jauh antara meriam kapal saja. Anda juga dapat mendekati kapal musuh dan memerintahkan awak kapal untuk menaiki dan menyerang kapal musuh. Pasukan darat juga mendapat tambahan yang menarik. Kini mereka dapat menyerang di balik perlindungan dengan