Selasa, 02 Agustus 2011

COMMANDER: CONQUEST OF THE AMERICAS

Dikembangkan oleh pengembang yang sama dengan East India Company, Commander: Conquest of the Americas nyaris memiliki cita rasa yang sama dengan game yang disebut terdahulu. Anda dapat memilih untuk bermain sebagai salah satu dari tujuh negara Eropa di sekitar tahun 1500-an. Tugas Anda adalah membangun kolonisasi yang membentang dari benua Amerika Selatan hingga Amerika Utara, dan menaklukkan koloni-koloni dari negara-negara rival Anda.


Cukup banyak pengembang yang dilakukan Nitro Games untuk Commander: Conquest of the Americas. Pengembangan yang nampak secara kasat mata adalah pada kualitas grafik. Grafik terlihat lebih halus dan detail. Anda juga dapat mengambil view langsung dari atas geladak kapal. Bahkan pertempuran di laut pun tampak semakin kolosal, dengan mengizinkan Anda mengontrol hingga 15 Armada kapal, jauh lebih banyak dari East India Company.

Pengembangan lain yang juga cukup kentara adalah pada antarmukanya (interface). Antarmuka game ini diklaim semakin user friendly, walau penulis meragukan hal tersebut. Barangkali user friendly bagi yang telah memainkan East India Company, tetapi jelas tidak untuk Anda yang pertama kali memainkan game ini. Salah satu penyebabnya adalah semakin kompleksnya aspek micro management yang harus dikelola. Sebagai contoh, banyaknya bangunan dengan fungsi spesifik tertentu yang bisa dibangun.

Untuk gameplay, Commander: Conquest of the Americas tidak mengizinkan Anda berbuat semaunya. Misi direpresentasikan dalam bentuk tugas yang dibebankan oleh para advisor. Ada empat advisor yang harus Ada turuti sarannya yakni Royal Advisor, Trade Advisor, Military Advisor, dan Arcbishop. Anda bisa saja mengecewakan salah satunya, tapi jika sekaligus semuanya maka game akan berakhir. Tertarik untuk mencoba menaklukkan Amerika?

 Website Resmi: www.cota-game.com
Primbon Jawa Real-time strategy

James Cameron's Avatar: The Game

Kembali sebuah game diangkat dari film berjudul sama. Film yang dimaksud adalah Avatar, besutan sutradara kawakan James Cameron. Avatar mempunyai semua potensi untuk diangkat menjadi game. Filmnya bukan hanya menuai sukses fenomenal, tapi juga sarat dengan penerapan teknologi Computer-Graphic (CG) yang canggih. Tak heran, penggambaran planet Pandora kemudian tampak memukau.


Meski diangkat dari versi film, Avatar: The Game sama sekali tidak mengacu pada cerita film. Anda akan berperan sebagai Ryder, prajurit RDA yang merupakan signal-specialist sekaligus satu dari sedikit orang yang bisa memanfaatkan teknologi Avatar. Teknologi yang memungkinkannya mengontrol tubuh mahluk asing penghuni planet Pandora. Namun seperti halnya film, di game ini Anda juga akan dipaksa untuk memilih salah satu pihak, manusia (RDA) atau Na'vi. Sayangnya, latar cerita tak cukup kuat untuk membuat Anda berempati pada salah satu pihak.

Kelemahan lain terletak pada gameplay. Meski dapat menjelajah lingkungan, namun gameplay tergolong linear. Singkatnya, Anda harus bertemu si A, menuntaskan tugas darinya, dan kembali padanya. Masalahnya terkadang si A dan tugas yang diberikan cukup jauh jaraknya, sehingga terkesan ada usaha untuk memperpanjang durasi permainan.

Hal sama juga berlaku untuk mode Conquer. Suatu mode dimana Anda dapat menguasai wilayah-wilayah di Pandora, tapi tanpa efek signifikan pada alur cerita. Beruntung Anda masih dihibur panorama planet Pandora yang indah. Selain itu, adanya fitur teleport dan kendaraan (RDA) atau binatang yang bisa ditunggangi (Na'vi) setidaknya cukup mampu mengusir kejenuhan berkelana.


Menjelajah area mempunyai sisi positif, yakni Anda akan mendapat experience (XP). Dengan XP, Anda bisa naik level, dan mendapat senjata atau armor. Kenaikan level berlangsung secara otomatis, tetapi efeknya kurang terasa. Jika tak ada informasi pop-up, Anda mungkin tak menyangka kalau sudah naik level. Hal ini juga diperburuk dengan minimnya penjelasan akan skill, dan senjata yang dimiliki.

Website Resmi: www.avatarmoviegame.com

Spesifikasi Minimum:


  • Windows XP/ Vista, Intel Pentium D 80 3GHz/ AMD Athlon X2 3800+, 1GB RAM (XP)/ 2GB (Vista), 256MB DirectX 9.0 or 10 Compliant with Shader Model 3.0, 4GB Harddisk Space

STAR CRAFT II: Wings of Liberty

Demi mewujudkan ambisinya menjatuhkan pemerintahan konfederasi yang korup, Mengsk tega memancing kaum Zerg menyerbu Planet Tarsonis, dan membantai seluruh penduduknya. Mengsk bahkan mengorbankan perwiranya, Sarah Kerrigan, dalam peristiwa tersebut. Mengsk akhirnya berhasil berkuasa, tapi tanpa ia duga Sarah Kerrigan yang disia-siakannya diubah oleh kaum Zerg menjadi ratu mereka, Queen of Blade. Tak hanya itu, rekan dekat Kerrigan, Jim Raynor yang muak atas sepak terjang Mengsk membelot, dan memimpin gerakan perlawanan terhadapnya. Berhasilkah upaya Raynor?


Kisah dalam Star Craft II: Wings of  Liberty memang hanya terfokus pada ras manusia. Namun sesungguhnya ada tiga faksi yang saling bertikai, yaitu Terran (ras manusia), Prottos (ras alien berteknologi tinggi), dan Zerg (ras alien purba). Masing-masing ras memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri. Sayangnya untuk mode Single-player, Wings of  Liberty hanya menyajikan satu campaign saja, yakni faksi Terran, dimana Anda berperan sebagai Jim Raynor. Sisi baiknya, hal ini justru membuat alur cerita dan penokohan karakter semakin kuat.

Sedangkan untuk gameplay, Star Craft II mengambil pendekatan berbeda dari game yang sejenis. Game RTS (Real-Time Strategy) ini tidak langsung menghadirkan semua unit tempur sejak misi awal. Unit tempur yang lebih advanced, akan diperkenalkan satu per satu dalam setiap misi. Hal ini menciptakan sensasi yang menyenangkan, dan sekaligus menjadi training bertahap sebelum Anda memiliki unit tempur yang kompleks. Sangat cocok bagi para pemula untuk game strategi.

Hal lain yang menonjol adalah pada desain misinya. Tak ada misi yang benar-benar sama. Bahkan penghubung antarmisi yang bertempat di Hyperion, pesawat induk Jim Raynor, tak hanya berfungsi sebagai penyambung alur cerita, melainkan juga tempat dimana Anda bisa menyewa mercenary, melakukan riset, meng-upgrade unit tempur, hingga bermain mini-game Arcede! Ditambah dukungan kualitas grafik dan suara yang memukau, Star Craft II: Wing of Liberty seolah menciptakan standar baru untuk game RTS. Sebuah game yang wajib Anda miliki.

Website Resmi: www.starcraft2.com

Spesifikasi minimum:

  • Windows XP/ Vista/ 7, Intel P4 2,6GHz atau setara, 1GB RAM (XP)/ 1.5GB RAM (Vista/7), 128MB NVidia geForce 6600GT/ ATI Radeon 9800 Pro, 12GB Harddisk space.
Primbon Jawa Real-time strategy

BATTLEFIELD: Bad Company 2

Apakah Anda pernah memainkan salah satu serial game Battlefield di PC? Bila jawabannya iya, tentunya Anda mengenal betul bentuk permainan yang unik dan menarik ini. Anda akan berperan sebagai salah satu prajurit dalam pertempuran yang melibatkan banyak prajurit lain. Hal ini disebabkan serial game Battlefield selalu mengutamakan bentuk permainan kompetisi antara pemain lain melalui jaringan LAN dan Internet. Namun, ada satu game dari serial game ini yang memilih bentuk permainan berbeda dengan saudaranya di PC, yaitu Battlefield: Bad Company.

Bila Anda belum pernah memainkannya atau bahkan belum pernah mendengarnya, bukan berarti Anda kurang informasi mengenai game PC. Wajar saja, game ini hanya muncul pada console Next-gen Xbox 360 beberapa waktu silam. Game Battlefield ini mengutamakan teknologi canggih dan cerita yang tidak kalah dengan sainganya (serial Modern Warfare). Sayangnya, game pertamanya hanya di buat untuk console. Namun, terusan dari serial game tersebut ternyata di buat juga untuk PC dan hal ini tentunya membuat kebanyakan gamer PC yang tidak memainkan game pertamanya kebingungan.

Game ini bertemakan perang modern dan bercerita seputar pasukan khusus yang bernama Bravo Company. Ternyata, pasukan ini merupakan buangan para tentara yang tidak disukai pimpinannya dan biasanya mereka ditugaskan ke daerah yang berbahaya dan memiliki kemungkinan hidup yang kecil. Anda akan berperan sebagai salah satu tentara tersebut dan Anda akan berpetualang bersama ketiga rekan senasib di pasukan tersebut.

Untungnya, cerita yang dibawakan di game kedua ini tidak berhubungan terlalu erat dengan game pertamanya. Walaupun pada beberapa kesempatan, Anda juga akan menemukan tokoh yang juga berperan aktif dalam cerita game pertama. Bila Anda penasaran dengan cerita pada game pertama (yang harus diakui sangat menarik), Anda dapat mencari sinopsisnya di Internet atau membeli Xbox 360 dan memainkan game tersebut.

Bentuk permainan game ini pada dasarnya adalah First Person Shooter yang bertemakan militer modern dan melibatkan persenjataan yang canggih. Sebaiknya Anda rajin mengambil senjata musuh yang Anda temukan karena semua jenis senjata baru akan terekam dan dapat Anda gunakan. Senjata yang telah Anda temukan juga dapat digunakan di mode multiplayer. Jadi, jenis senjata yang dapat Anda gunakan tergantung ketekunan Anda untuk menemukannya.

Beralih ke medan perang/pertempuran, Anda akan menemukan sebuah pertempuran yang inovatif dan menarik. Mengapa? karena Anda dapat menghancurkan hampir semua halangan yang Anda temui. Musuh Anda bersembunyi di balik tembok ? Hancurkan temboknya! Musuh Anda bersembunyi di dalam rumah? Robohkan rumahnya! Menarik bukan? Selain itu, Anda juga akan menemukan efek lingkungan yang mirip sekali dengan aslinya. Misalnya, pada daerah gurun terjadi badai pasir yang membuat Anda tidak dapat melihat lebih dari satu meter di hadapan Anda. Tiba-tiba, musuh sudah berada di depan Anda dan Anda harus cepat supaya musuh tidak membunuh Anda duluan.

Berbagai variasi misi dan cerita yang menarik juga didukung kualitas suara yang tinggi. Anda dijamin akan merasakan ketegangan ketika dihujani peluru musuh. Selain itu, game ini juga memiliki aktor pengisi suara yang sangat menghibur. Berbagai komentar jenaka dan terkadang mengejek mengejek saingannya (Modern Warfare 2) sering terlontar.

Game ini memang memiliki single player yang menarik. Tetapi, bagaimana dengan Multiplayer? Anda dapat memainkan mode ini secara online dan Anda akan menemukan sistem penanjakan karier melalui kenaikan level. Sayangnya, tidak ada mode LAN untuk bermain dengan rekan Anda.



Spesifikasi minimum: 

  1. Windows XP SP3, Windows Vista SP2, Windows 7
  2. Processor: Pentium D 3.0 GHz / Core 2 Duo 2.0 GHz / Athlon 64 X2
  3. Memory: 2 GB
  4. Hard drive: 15 GB
  5. Video Card: 256 MB
  6. Video Memory dengan Shader model 3.0 (NVIDIA GeForce 7800GT / ATI Radeon X1900)

Need for Speed Undercover

Kesan pertama yang tertangkap di pikiran ketika memainkan game ini adalah kemiripan yang sangat tinggi dengan Need for Speed sebelumnya, yaitu kota yang cukup besar untuk dijelajahi. Pada dasarnya, kota yang Anda mainkan dibagi menjadi tiga bagian. Semuanya akan terbuka secara bergiliran tergantung dari pencapaian karier Anda sebagai pengemudi balap jalanan. Kali ini, Anda akan berperan sebagai polisi yang menyamar untuk membongkar sindikat pencurian mobil mewah.


Namun, jangan menganggap peran Anda sebagai polisi yang menyamar akan meringankan kejaran polisi ketika menangkap mobil Anda. Malahan, bisa dikatakan polisi pada game ini sedikit lebih ganas daripada seri sebelumnya. Mereka dapat mengubah status pengejaran dengan mudahnya bila Anda banyak mencelakai mobil rekan polisi, tanpa tergantung dari Heat yang Anda kumpulkan. Heat adalah tingkat kejahatan Anda dan akan meningkat ketika Anda melakukan kerusakan terhadap fasilitas umum (contohnya lampu jalanan dan mobil lain) dan mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi.

Balapan yang dapat Anda temui pada peta kota akan bertambah banyak seiring naiknya popularitas Anda (disebut juga Wheelman level). Ranking tersebut dapat ditingkatkan dengan cara memenangkan balapan dan mengumpulkan Zone Point. Poin tersebut akan meningkat lebih besar jika Anda balapan dengan cara yang bersih. Contohnya, jika mobil Anda tidak mengalami tabrakan. Selain Zone Point, Anda juga akan mendapatkan poin lain yang meningkatkan skill pengemudi jika berhasil mengalahkan waktu terbaik di balapan (dinamakan Dominate).

Skill pengemudi terbagi dalam banyak bagian. Setiap skill tersebut berguna untuk meningkatkan kendali dan performa mobil yang Anda gunakan. Pada akhir permainan, skill tersebut akan sangat berguna untuk mengalahkan mobil lain yang Anda lawan (biasanya memiliki performa yang jauh lebih tinggi dibanding mobil standar dengan jenis yang sama).

Balapan yang dapat Anda temui terbagi beberapa jenis, yaitu balapan dengan beberapa mobil lain (Sprint dan Circuit), balapan dengan satu mobil musuh (Highway Battle dan Outrun), mengalahkan waktu (Checkpoint), dan melawan polisi (Escape, Cop Takedown, dan Cost to State). Selain itu, Anda juga akan menemukan event khusus untuk meneruskan cerita. Biasanya, Anda akan diminta untuk membawa mobil curian ke suatu tempat sambil menghindari kejaran polisi. Terkadang, Anda juga diminta untuk menghancurkan mobil lawan dengan cara menabraknya berulang kali hingga berhenti.

Sayangnya, ada banyak kekurangan dari game ini yang membuatnya kurang menarik dibanding seri terdahulu. Anda tidak dapat mencari toko Upgrade di peta dengan cara menelusuri jalanan. Toko tersebut akan muncul seiring jalan cerita dan tingkatan Wheelman. Selain itu, kostumisasi mobil Anda  dan pilihan tuning disederhanakan. Game ini juga memiliki masalah yang serius dengan kestabilan dan performa. Selain crash, Anda juga akan mengalami penurunan frame rate yang drastis ketika memutar 180 derajat dengan menggunakan rem tangan, berada di kecepatan tinggi, dan mobil Anda di kelilingi polisi. Hal tersebut tetap muncul walau menggunakan PC spesifikasi tinggi. Satu hal lagi, game ini  tidak memiliki multiplayer LAN (hanya ada mode online).

Website Resmi : www.needforspeed.com/undercover/home.action

Spesifikasi Minimum:


  1. Windows XP SP2/Vista 32-bit
  2. Processor: Intel Pentium IV 3 GHz (Windows XP) / Intel Pentium IV 3.2 GHz (Windows Vista)
  3. Memory: 512 MB (Windows XP)/ 1 GB (Windows Vista)
  4. Hard drive: 5.8 GB
  5. Video card: 128 MB Video RAM (Nvidia GeForce 6600 atau ATI Radeon 9500) DirectX 9.0c
Primbon Jawa Racing

BioShock

Bioshock menawarkan permainan yang menegangkan dilihat dari sisi kejutan dan ketegangannya. Apalagi game ini disajikan dalam jenis permainan First Person Shooter (FPS) yang dapat membuat Anda merasa jadi tokoh dalam game. Bioshock bercerita tentang sebuah kota bawah air bernama Rapture pada tahun 1960. Tokoh utama dalam game ini, yaitu Anda, yang mengalami kecelakaan pesawat udara di tengah laut dan menemukan sebuah mercusuar di dekat lokasi jatuhnya pesawat. Ternyata, mercusuar tersebut merupakan pintu masuk menuju Rapture yang dibangun oleh seorang pengusaha besar bernama Andrew Ryan. Dari sisi ini Anda akan dibawa melihat kenyataan mengerikan di balik kota ideal yang menjanjikan kebebasan berpikir tanpa batas.


Topik utama cerita dalam game ini adalah penemuan teknologi genetika yang dinamakan ADAM dan EVE. Kedua hal ini dapat menjadikan pemakainya memiliki kekuatan supernatural, seperti menembakkan api dan petir dari tangan, menggerakkan benda dengan pikiran, dan mengendalikan pikiran manusia lain sesuai hati penggunanya.

Kemampuan tersebut akan Anda temui di sepanjang permainan dalam bentuk medium bernama Plasmid. Selain dapat dibeli, Plasmid juga dapat Anda temukan seiring cerita. Satuan yang digunakan untuk membeli Plasmid tersebut bernama ADAM, teknologi yang menjadi masalah dalam game ini.

Pada dasarnya, Anda akan banyak menggunakan kemampuan supernatural untuk memanipulasi keadaan sekitar. Misalnya, Anda dapat menggunakan petir untuk mengejutkan musuh dan membuatnya tidak bergerak untuk kemudian Anda habisi dengan menggunakan senjata. Atau contoh lain, dengan menggunakan kekuatan api pada minyak yang berceceran di lantai yang kemudian akan membakar semua musuh yang ada di atasnya.

Semua kekuatan tersebut akan menghabiskan poin yang disebut EVE. EVE sendiri dapat diisi kembali dengan benda khusus yang mudah ditemukan dan ditambah jumlah maksimalnya dengan membeli upgrade menggunakan ADAM.

Jenis musuh yang akan Anda hadapi dalam game ini sebenarnya tidak begitu banyak. Bila secara umum,hanya tiga jenis musuh yang berkeliaran di Rapture, pertama adalah Splicer yang penjalasan mudahnya adalah pemadat ADAM (sama seperti pemadat narkoba) dan memiliki tujuan utama mencari ADAM; kedua, Little Sister (dalam bentuk anak perempuan) yang ditemani oleh Big Daddy (dengan ukuran yang besar dan sangat kuat).

Setiap kali Anda berhasil mengalahkan Big Daddy yang menemani Little Sister, Anda akan diberi pilihan untuk mengambil ADAM dari Little Sister (dalam jumlah banyak dan berakibat pada kematian Little Sister) atau membersihkannya dari ADAM (Little Sister hidup dan jumlah ADAM yang lebih kecil). Setiap pilihan akan mengubah jalan cerita.

Tampilan dan aransemen suara dalam game ini memiliki kualitas yang sangat tinggi. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa game ini menuntut spesifikasi yang tinggi, satu hal yang sudah menjadi kewajaran untuk memainkan game Next-gen.

Metro 2033

Metro 2033 merupakan kisah dunia setelah dilanda perang nuklir yang mengakibatkan dunia tidak dapat dihuni lagi. Untuk menghindari hujan asam dan asap radio aktif yang meliputi dunia, penduduk Rusia mengungsi ke dalam jaringan kereta api bawah tanah yang disebut Metro. Luasnya jaringan bawah tanah tersebut membuat setiap stasiun memiliki kebudayaan sendiri. Mirip seperti kota di bawah tanah. Anda akan berperan sebagai salah satu penduduk di kota bawah tanah tersebut.


Bila Anda berpikir hidup di bawah tanah tidak berbahaya, maka Anda harus merubah pola pikir Anda. Pada game ini, Anda akan bertemu dengan ancama mutan yang berasal dari dunia atas. Makhluk hidup yang bertahan hidup didunia atas dan berubah menjadi bentuk kehidupan baru (beserta hobi baru, yaitu memakan manusia) secara teratur menyerang kota bawah tanah demi mencari makanan. Selain itu, muncul pula ancaman baru yang disebut DARK ONE. Apakah Dark One ini? Dark One adalah Mutan dan musuh terberat dalam game ini. Tampilan mereka sungguh aneh mereka memiliki lengan panjang dan kaki. Ujung lengan tangan yang besar dan jari yang panjang dan berwarna seperti mutan lainnya warna abu-abu gelap. Bagaimana kekuatannya ? Untuk yang satu ini anda harus mencari tahu sendiri dengan memainkan game ini.

Kehidupan baru ini tentunya memiliki tata cara yang berbeda dengan kehidupan biasa. Sebagai pengganti uang, Anda akan diminta untuk mengumpulkan peluru rifle yang masih mengkilap. Tidak seperti peluru buatan bawah tanah yang tampak lebih kusam dan lebih lemah daya hancurnya, peluru tersebut merupakan komoditas utama dalam pertukaran barang di Metro 2033. Anda dapat membeli senjata rakitan, peluru, dan perlengkapan yang lain dengan menggunakan uang (peluru) tersebut. Namun, Anda harus hati-hati. Karena Anda dapat salah memasukkan peluru ke dalam senjata Anda akan berakhir dengan membuang uang tersebut. Bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi? Bila Anda memiliki sejata yang menggunakan peluru rifle dan terlalu lama menekan tombol Reload (biasanya R), maka jenis peluru akan diganti dengan uang tersebut. Bila hal itu terjadi, Matikan saja komputer Anda!

Seperti yang mungkin telah Anda simpulkan, peluru merupakan hal yang paling berharga dalam game ini. Baik itu peluru uang maupun peluru biasa. Oleh karen itu, Anda dapat menyerang musuh dari jarak dekat dengan menggunakan pisau. Ketika menggunakan cara yang riskan ini, ada baiknya Anda menyerang musuh dengan menggunakan kegelapan. Anda dapat mematikan hampir semua sumber cahaya dalam game ini. Bila Anda memperhatikan jam tangan yang dipakai di tangan kiri karakter, Anda dapat melihat tiga lampu berwarna kuning, merah, dan hijau. Hijau berarti musuh tidak menyadari keberadaan Anda dan merah berarti anda harus mencari perlindungan. Bila Anda memiliki senjata dengan peredam suara, Anda dapat lebih efesien menghabisi musuh secara diam-diam.

Walaupun Anda merasa kegelapan adalah teman Anda, ada kalanya ia menjadi batu sandungan Anda. Anda dpat jatuh kelubang dan mati karena tidak dapat melihat lubang tersebut. Belum lagi Anda dapat menginjak ranjau, pecahan kaca yang langsung berbunyi keras, dan jatuh ke jurang. Kegelapan dalam game ini memang menyerupai keadaan di dunia Nyata. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda dengan menggunakan Night Vision Google atau menaikkan tingkat gamma hingga maksimum.

Ancaman dari dunia luar dapat Anda atasi dengan menggunakan topeng gas. Namun, topeng tersebut membutuhkan saringan yang bersih untuk dapat bekerja. Saringan tersebut mewakili waktu dan Anda harus memiliki saringan baru ketika saringan lama sudah terlalu kotor. Bila Anda kehabisan, bersiaplah untuk keracunan dan matikan komputer Anda untuk kedua kalinya. Oleh karena itu, persiapkan sebanyak mungkin saringan tersebut. Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah game ini memiliki tampilan yang sangat bagus dan mendukung DirectX 11. Maka, persiapkan juga spesifikasi komputer Anda jika ingin memainkan game ini dengan nyaman.

Website Resmi: www.metro2033game.com

Spesifikasi Minimum:


  1. Windows XP SP3, Windows Vista, Windows 7
  2. Processor: Core2 Duo Intel 1.8 GHz
  3. Memory: 1GB
  4. Hard drive: 7GB
  5. Video card: 256 MB 
  6. Video Memory dengan Shader model 3.0 (NVIDIA GeForce)

Just Cause 2

Just Cause 2 menawarkan sebuah permainan yang seru dan di saat bersamaan sangat menyenangkan. Anda akan di bawa menuju sebuah negara di belahan benua Asia yang memiliki bahasa dan logat melayu. Anda akan sering menemui bahasa Indonesia yang menghiasi nama daerah di dalam game ini, seperti "Gunung Gila Pangkat". Hal ini tentunya akan menjadi hiburan tersendiri untuk para gamer Indonesia yang mengerti arti nama-nama tersebut.


Terlepas dari penamaan dan logat melayu tersebut, game ini menawarkan bentuk permainan yang berakar pada kebebasan berpetualang. Anda dapat pergi ke mana pun di dalam game ini. Demi mendukung slogan itu, Anda akan ditemani sebuah alat serbaguna yang memungkinkan Anda mencapai tempat tinggi dan jauh dengan mudah. Sebuah grapple hook yang terpasang pada tangan Anda dapat diarahkan ke semua permukaan yang masih berada pada jangkauannya untuk kemudian ditembakkan dan menarik anda kepermukaan tersebut. Hampir mirip dengan spiderman tanpa jaring laba-laba. Tidak hanya terbatas pada gedung pencakar langit tapi Anda bisa menembakkanya ke orang, kendaraan yang sedang berjalan, dan benda lain yang Anda temukan.

Keberadaan dari grapple hook tersebut merupakan jiwa yang memberikan kebebasan bergerak dalam game ini. Anda dapat dengan mudah mengambil alih kendaraan yang berjalan dengan menembakkan grapple dan menarik diri ke kendaraan tersebut. Bahkan, kendaraan yang bisa diambil tidak terbatas pada kendaraan darat saja. Anda dapat menembakkan grapple ke helikopter yang sedang berada di udara, merebut kendaraan tersebut, dan menggunakannya untuk melawan musuh. Luar biasa bukan?!

Masih seputar grapple hook. Anda dapat menembakkan grapple hook ke orang untuk menarik dia ke arah Anda. Anda juga dapat menggunakannya dengan cara yang lebih inovatif. Tahan tombol grapple ketika menembakkannya ke musuh, kemudian sambil masih menahan tombol arahkan pointer ke permukaan lain atau musuh lain. Musuh tersebut akan menyangkut ke permukaan yang Anda tembakkan, baik itu kendaraan yang berjalan, musuh lain, dan atap rumah.

Pada game ini, Anda akan menemukan persenjataan yang cukup banyak jenisnya. Senjata terbagi menjadi 3 jenis, yaitu senjata satu tangan, dua tangan, dan peledak. Anda dapat menggunakan dua buah senjata satu tangan, misalnya pistol, untuk menyerang musuh. Senjata tersebut juga memiliki level yang dapat di-upgrade dengan menggunakan part yang tersebar di seluruh pelosok daerah permainan. Ukuran peta yang sangat besar tentunya akan menghabiskan waktu Anda dalam perjuangan rahasia game ini.

Part tersebut biasanya terkonsentrasi pada sebuah daerah atau fasilitas militer. Setiap daerah memiliki persentasi yang dapat Anda lihat dengan mudah. Persentasi tersebut menunjukkan rahasia dan part yang dapat Anda temui di dalamnya. Anda juga dapat menemukan beberapa fasilitas militer yang dapat Anda hancurkan. Setiap kehancuran bangunan tersebut memberikan keuntungan tersendiri, seperti uang dan poin chaos.

Poin Chaos akan membuka perlengkapan baru yang bisa dibeli di Black Market. Selain itu, Anda juga mendapatkan misi tambahan baru setelah mengumpulkan poin Chaos. Misi tersebut biasanya didapat setelah Anda memberikan jasa bantuan terhadap faksi yang melawan pemerintahan. Bentuk misi yang bisa Anda dapatkan beragam jenisnya, mulai dari membajak kendaraan militer hingga menculik orang penting.

Kebebasan maksimum yang ditawarkan game ini tentunya akan menggoda Anda untuk menghabiskan banyak waktu ketika memainkannya. Dunia yang luas dengan banyak rahasia merupakan tantangan yang menarik untuk para gamer yang menyukai game petualangan dengan dunia yang terbuka.

Website Resmi: www.justcause.com

Spesifikasi Minimum:


  1. Windows XP SP3, Windows Vista, Windows 7
  2. Proccesor: Dual-Core CPU (Athlon 64 X2 4200/Pentium D @ 3 GHz)
  3. Memory: 2GB
  4. Hard drive 10 GB
  5. Video card: 256 MB (NVIDIA GeForce 8800/ATI Radeon HD 2600 Pro)

The Witcher

Desain permainan yang dibawakan The Witcher nampaknya akan mendominasi bentuk Role-playing Game (RPG) masa depan. Alasan utamanya terletak pada mekanika permainan yang belum terpikirkan sebelumnya oleh pengembang game RPG lain.

Game ini menjanjikan sebuah permainan yang tidak bergantung pada statistik tradisional. Biasanya karakter Anda ditentukan oleh angka statistik. Semakin besar angkanya maka semakin besar juga kekuatannya. Kelemahan dari sistem ini adalah Anda hanya dapat mengira berapa angka yang menentukan karakter Anda kuat atau tidak. Sedangkan dalam game ini Anda kan melihat perubahan secara visual dalam pergerakan karakter.


Misalnya, Anda akan melihat sebuah jurus baru ketika karakter naik level. Atau karakter tiba-tiba mementalkan panah yang terbang ke arahnya. Anda akan banyak bertarung dengan menggunkan senjata fisik, seperti pedang dibandingkan sihir. Sihir akan menjadi pendukung serangan fisik, yang jika digabungkan dengan baik dapat mengalahkan musuh terbesar sekalipun.

Sepanjang permainan, Anda hanya dapat mengendalikan karakter utama saja. Nantinya Anda akan bertemu dengan karakter lain yang berubah secara dinamik tergantung keadaan dan cerita. Bahkan mereka dapat menjadi musuh, teman, dan kekasih.
Primbon Jawa Action RPG

Ghost Recon: Future Soldier

Kalau berbicara soal peralatan militer super canggih. Amerika Serikat seakan merajai bidang tersebut. Mulai dari tank super yang mampu mengungguli tank manapun di dunia hingga peluru pintar yang mampu memilih lawannya dapat anda temui di negara adidaya ini. Ghost Recon: Future Soldier mengisahkan pertempuran pasukan bernama Ghost yang dibekali peralatan canggih yang luar biasa berbahaya.


Pada game Third Person Shooter ini, Anda akan mengendalikan sepak terjang pasukan Ghost untuk menghalangi terjadinya perang dunia. Krisis tersebut terjadi ketika pihak nasionalis di Rusia mengambil alih pemerintahan dan menginvasi sebuah negara kaya minyak di Eropa.

Perlatan yang akan Anda temui dalam game ini sungguh menarik. Contohnya adalah kelas scout yang bertugas untuk mengintai keadaan di medan pertempuran. Anda akan di lengkapi baju "Meta Material" yang mampu membelokkan cahaya dan membuat Anda tidak terlihat bila tidak bergerak. Contoh lain kecanggihan peralatan militer ada pada kelas Engineer. Anda dapat mengendalikan Drone, robot bersenjatakan lengkap untuk menipiskan perlawanan musuh.

Pertempuran dalam game ini berjalan dengan tidak kalah serunya. Anda dapat menggunakan benda di sekitar Anda untuk perlindungan dan menggunakan sistem baru yang bernama Link-up. Sistem ini memungkinkan Anda untuk membagi kemampuan dengan anggota regu dan mengikuti kepala regu dan mengikuti kepala regu secara otomatis, sementara anda menjalankan  pekerjaan lain yang membutuhkan konsentrasi penuh seperti menjalankan Drone.
Primbon Jawa Tactical shooter