Selasa, 10 Agustus 2010

jejak sang petualang versi 10

Jejak Sang Petualang Versi1.0
Game ini merupakan game pertama buatan kami yang dibuat dengan menggunakan bahasa gml (game maker language).

Game ini cukup simple, tugas utama yang harus dilakukan oleh pemain dalam game ini adalah menemukan teknik bagaimana cara membuka pintu yang berisi kotak harta karun dengan cara memanipulasi objek-objek di sekitarnya (menggeser batu, menghindari musuh, atau mengaktifkan switch panel).

Seperti yang telah kamu ketahui, bahwa game ini merupakan versi awal (versi1.0) sehingga komponen-komponen gamenya masih tergolong sangat sederhana, baik dari segi gameplay, efek suara, maupun segi control gamenya.



Kontrol Game:
Tombol panah keyboard = berfungsi untuk menggerakan karakter (kiri,atas,kanan,bawah).
Tombol “R” keyboard = berfungsi untuk mengulangi stage yang sudah tidak bisa dipecahkan lagi, misalnya karena kesalahan penempatan objek,dll.

Kami menyadari bahwa game ini masih terlalu pendek dan terlalu sederhana, kami harap pada pembuatan game selanjutnya, kami bisa membuat game yang sesuai dengan harapan, dan membuat game yang bisa menjadi kebanggaan anak-anak Indonesia.

Untuk Mendownload game ini, kamu bisa mendapatkannya disini (ukuran file kira-kira 1,37MB).

Perhatian:
Bila kamu menemukan bug (kesalahan) dalam game ini, mohon untuk segera memberitahukannya kepada kami. Dan bagi kamu yang punya ide-ide kreatif untuk menambah daya tarik dari game ini, kamu pun bisa memberikan ide-ide kreatif tersebut melalui kotak komentar yang tersedia dibawah.
Primbon Jawa download game gratis

properties game maker yang berguna

Ayo manfaatkan properties yang sudah tersedia
Wah tidak terasa ternyata postingan di blog ini sudah mencapai 20 lebih. Baiklah, mulai dari tutorial ini kita bersama-sama akan mempelajari mengenai cara membuat musuh dalam game yang sedang kita kerjakan.

Persiapan pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat sebuah musuh dalam game adalah mempersiapakan bagaimana bentuk musuh yang kamu inginkan.

Untuk contohnya kita akan menggunakan spr_pesawat yang telah tersedia di dalam project game yang kamu buat, namun dengan sedikit modifikasi sehingga nantinya pemain tidak akan menyadari bahwa pesawat musuh adalah pesawat kita sendiri.

Langakah Kerja:
1. Buka Project game yang sebelumnya pernah kamu buat [ menambahkan suara background kedalam game].
2. Klik kanan spr_pesawat ---) kemudian pilih duplicate.
3. Beri nama gambar duplikat tersebut dengan nama “spr_musuh1”.
4. Sekarang klik Edit sprite.

5. Lalu pada sprite editor ---) cari menu transform ---) lalu pilih stretch, atau shortcut Ctrl+Alt+E, lalu ubahlah nilai-nilainya menjadi seperti gambar di bawah ini:



6. Sekarang ukuran sprites menjadi lebih besar dari sebelumnya.
7. Sekarang klik menu transform kembali ---) lalu pilih “rotate 180”, hal ini berfungsi untuk membuat sprites tersebut berubah arah sebesar 180 derajat, sehingga sekarang sprite pesawat tersebut jadi menghadap ke bawah.
8. Agar sprite duplikat tersebut tidak mudah dikenali, kamu bisa mengubah warna pesawat tersebut dengan cara: Klik Menu Images ---) lalu pilih “colorize” ---) ubah nilai pada kotak colorize menjadi sebesar 146.


9. Kemudian Klik tombol ceklis yang berwarna hijau,lalu klik tombol ok.
10. Sekarang kamu telah mempunyai sebuah sprite pesawat baru yang bisa kita gunakan untuk membuat gamabar pesawat musuh.
11. Kamu dapat memodifikasi langkah-langkah diatas untuk mendapatkan pesawat duplikat baru lainnya.

Bagi kamu yang ingin melihat hasil dari tutorial ini, kamu bisa mendownload project gamenya disini:[ project game maker ].