Jumat, 13 Desember 2013

Progress FP Game Tim dotRAR

Untuk FP mata kuliah Pembuatan Game 2013 ini, kami dari tim dotRAR akan melanjutkan game yang pernah kami buat, yaitu game edukasi “Rahasia Hanacaraka”. Game ini pernah kami ikutsertakan dalam lomba Gemastik 6 dan mengantarkan kami hingga final. Yang membuat game ini sebenarnya ada tiga orang, kami berdua – Raras dan Ria – ditambah Asri Ayu Diani Putri yang sayangnya tidak mengambil kelas Pembuatan Game semester ini.


Sebelumnya, kami perkenalkan dulu apa itu game edukasi “Rahasia Hanacaraka”. “Rahasia Hanacarka” bertujuan untuk memperkenalkan berbagai macam kotakata bahasa Jawa yang saat ini jarang sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari secara baik dan benar. Padahal bahasa Jawa memiliki banyak sekali manfaat karena menekankan pada sopan santun dan tata krama. Sayang sekali bukan apabila salah satu kekayaan Indonesia ini sampai punah karena kurangnya minat untuk mempelajarinya?

Oleh karena itu, kami dari tim dotRAR memiliki karsa pelestari bahasa Jawa, yaitu game edukasi “Rahasia Hanacaraka” yang berbasis android sehingga dapat dimainkan di smartphone, bertemakan budaya, dan dapat dimainkan oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Tangkap Aksara Jawa Tebak Kata Bahasa Jawa Ngoko Tebak Arti Indonesia Tebak Krama Inggil Kerata Basa

Game ini menceritakan tentang seorang anak bernama Galang yang ingin sekali menemukan harta karun. Berawal dari robekan-robekan peta yang ia temukan, Galang pun berkeliling pulau Jawa dan menghadapi berbagai rintangan untuk menemukan harta karun yang ia idamkan. Semua tantangan itu berhubungan dengan bahasa Jawa. Pada tantangan pertama, Galang harus menangkap robekan-robekan peta harta karun yang bertuliskan aksara Jawa. Di tantangan kedua, Galang harus menyusun robekan-robekan peta itu menjadi peta harta karun yang sesungguhnya dengan cara menebak kata bahasa Jawa ngoko dari aksara Jawa yang ada. Pada tantangan ketiga, Galang harus menebak arti Indonesia dari kata bahasa Jawa ngoko tersebut. Dan pada tantangan keempat, Galang harus menebak kata krama Inggil dari kata bahasa Jawa ngoko sebelumnya. Bila Galang berhasil melewati semua tantangan.. Voila! Satu harta karun berhasil ditemukan! Tetapi ternyata ada harta karun khusus yang bisa didapatkan Galang apabila dia berhasil menjawab suatu teka-teki bahasa Jawa kuno yang dinamakan Kerata Basa. Dan tidak berhenti sampai di situ saja, masih ada harta karun - harta karun lain yang menunggu untuk ditemukan oleh Galang. Maukah kalian membantu Galang melewati berbagai tantangan untuk menemukan semua harta karun yang ada?

Ingin tahu lebih jelas mengenai game “Rahasia Hanacaraka”? Simak videonya :)

Rahasia Hanacaraka


Nah, apa yang akan kami kembangkan dari game ini? Setelah dievaluasi, game ini agak sulit dimainkan oleh orang-orang yang sama sekali tidak mengerti bahasa Jawa. Padahal tujuan dari pembuatan game ini adalah untuk mengenalkan bahasa Jawa. Agar orang yang semula tidak tahu menjadi tahu. Dari hasil evaluasi, didapatkan bahwa yang paling sulit adalah jenis game kedua (menebak kata bahasa Jawa ngoko dari aksara Jawa yang ada). Oleh karenanya, kami berinisiatif untuk mengganti jenis game kedua yang semula bergenre puzzle menjadi game lain yang sifatnya lebih interaktif seperti jenis game pertama (menangkap aksara Jawa).


Tunggu kabar kami selanjutnya yaaa.. :)

Dot-RAR Studio
Primbon Jawa

Progres FP 2

Assalamu'alaykum
Kali ini saya akan menceritakan kelanjutan FP Pembuatan Game saya. Saya sudah mendesain beberapa karakter untuk game saya, namun karena menurut saya belum pas, saat ini saya sedang melakukan revisi untuk desain karakter dan juga saya sudah mulai mencicil pembuatan game saya di game maker. tidak saya tunjukkan dulu tampilan desainnya, karena belum fix.
sekian,terima kasih
Primbon Jawa 5111100023