Minggu, 01 Desember 2013

Progress FP(1): Draft Game Galilo Defender



Pada progress pertama final project kami kali ini akan menceritakan konsep story, gameplay dan tools yang akan kami gunakan.

Dimulai dari judul dan story gamenya. Galilo Defender adalah judul game yang akan kami buat, seperti yang kami sebutkan pada judul postingan ini. Game ini menceritakan kerajaan satu satunya yang terletak di pulau Kupullu bernama Galilo.

Ilustrasi Gambar

Kerajaan tersebut berada di lingkungan yang hijau dan indah lengkap dengan aneka fauna yang lucu – lucu. Suatu hari, salah satu ilmuwan kerajaan bernama callisto berencana untuk berkhianat dan melakukan kudeta. Tetapi karena rencananya telah terbongkar lebih awal, dia diusir dari kerajaan Galilo.
Karena merasa tidak terima dengan perlakuan tersebut, callisto memulai aksi kudetanya dengan mencari bala tentara. Dia membuat ramuan aneh yang membuat siapa saja yang meminumnya menjadi gila dan tidak takut mati. Dia melakukan percobaan dengan meminumkan ramuan tersebut ke hewan – hewan yang ada di sekitar hutan. Singkat cerita, dengan ramuan tersebut callisto berhasil menghimpun bala tentara hewan dan bersiap menyerang kerajaan Galilo. Yap, kerajaan galilo sudah bersiap melawan serangan tersebut dengan memasang senjata – senjata pada benteng terluar kerajaan.
Dari penjelasan diatas, genre game yang akan kami buat adalah Tower Defense. Gameplaynya cukup sederhana, pemain harus membunuh monster – monster yang mulai mendekat ke kerajaan Galilo dengan senjata yang ada. Untuk menembakkannya pemain harus menjawab dengan benar pertanyaan matematika yang muncul di layar. Jika jawaban salah maka tower tersebut tidak akan menembak dan damage yang dihasilkan tower akan berkurang.
Tools yang akan kami gunakan adalah game engine dari Scirra yaitu Construct2.    

Terakhir, ini adalah gambar doodle yang kami buat ketika berdiskusi bersama.

Kodomo - Progress 1 Ide

Untuk pembuatan final project Pembuatan Game 2013 yang harus berupa game edukasi dengan platform web. Kami memiliki ide dengan permainan yang mencocokan suatu konten dengan konten yang lainnya yang berada di balik banyak kartu dengan jumlah kartu yang tersedia dan waktu yang diberikan. Pencocokan dilakukan dengan cara membuka 2 buah kartu yang tertutup. Pengembangan game menggunakan middleware Construct 2 / Stencyl.

Ilustrasi game ini dapat dilihat pada gambar di bawah:

Oleh:
5110100025 - Kessya Din Dalmi
5110100031 - Haryo Triwardhono
5110100102 - M Zuhriyan Sauqi

Pembuatan Game Kelas A

Progress 1 FP Game


Untuk game yang akan kami buat pada final project kali ini kami memiliki dua ide game. Game yang pertama merupakan game yang mengandalkan ingatan. ada 3 jenis mini-game memory yang terdapat dalam permainan ini. game memory yang pertama merupakan game "Missing Nyans", dalam game ini kita harus menebak nyan yang hilang sesuai dengan warna dan angkanya. game memory yang kedua adalah "Follow Kuroro", kita harus mengingat serta mengikuti jejak kuroro dengan benar, dan game memory yang ketiga "Find Nyan", pada game ini kita harus menemukan dimana nyan terakhir berada. diberi batasan waktu tertentu dalam menyelesaikan game. tingkat kesulitan masing-masing game berbeda-beda.

Unsur Edukasi yang didapat dari game ini adalah untuk melatih daya ingat seseorang, game ini dapat dimainkan oleh segala tingkatan usia, baik anak-anak maupun dewasa.

Untuk ide game yang kedua berjudul Kuroro: Mathlien attack! Game ini merupakan game dengan dasar matematika. Kuroro kali ini menghadapi pesawat alien yang berisi pernyataan operasi hitung, seperti tambah, kurang, dan kali. Kuroro harus memilih apakah pernyataan tersebut salah atau benar. Apabila Kuroro memilih tombol yang benar, maka akan ada roket yang ditembakkan dan pesawat alien akan kalah. Namun apabila Kuroro memilih tombol yang salah, maka tidak ada roket yang ditembakkan dan pesawat alien akan bertambah cepat. Terdapat sejumlah level yang berbeda dimana setiap level pesawat alien akan makin cepat dan soal akan semakin sulit. Setiap soal memiliki batas waktu tertentu dan pemain akan menang apabila jumlah skor sama atau melebihi jumlah skor yang ditentukan.

Unsur edukasi pada game kedua ini adalah untuk mengasah kemampuan dasar matematika seperti operasi tambah, kurang, dan kali. Game ini juga dapat dimainkan oleh segala tingkatan usia, namun lebih ditargetkan kepada pemain berusia 5-10 tahun.

Flow Husna

Sampai saat ini belum terpikir ide yang pasti mengenai konsep game yang akan kami buat untuk Final Project kali ini. Ada beberapa pertimbangan yang mengganggu pikiran kami beberapa hari ini.
Pertama, tentang game engine yang akan kami gunakan nantinya, untuk FP ini mensyaratkan game yang dibuat harus bisa dimainkan di web, sedangkan kami menginginkan game ini nantinya juga bisa jalan pada platform mobile (khususnya windows phone).
Sebenarnya sudah ada beberapa pilihan game engine yang mendukung sesuai persyaratan FP dan keinginan kami, seperti Constract 2, Game Maker Studio, Unity, dll. Seperti biasa, hal baru itu terkadang sulit untuk dimulai, yaitu memulai belajar game engine yang akan kami gunakan, tentunya juga harus ditentukan terlebih dahulu, game engine yang mana?. 
Baik, pertimbangan kedua, tema utama untuk game FP kali ini adalah edukasi. Edukasi? ya, edukasi. Gambaran pertama yang muncul dibenak kami, kalau yang namanya edukasi itu pasti berhubungan dengan matematika, ada beberapa digit angka, menambah, mengurangi, mengali, membagi, dll. Hmm, jika gameplay kami tidak menarik tentunya game matematika seperti ini akan menjadi sesuatu yang sangat membosankan. Akhirnya kami mencoba mencari ide lain, edukasi tapi tanpa matematika, seperti apa? Entahlah, kami juga tidak terlalu yakin dengan ini. 
Ok, ini bocoran ide kami, kami akan membuat game seperti yang ada di link ini, apa ini namanya? ya, ini namanya game Flow Free, salah satu "addicting game" yang sedang nge-tren saat ini. Trus? Bagian mana edukasinya? Tunggu cerita kami selanjutnya. Jangan lupa doakan kami semoga ini bisa berlalu dengan lancar.

Progress Game 1 : Draft ide dan tools

untuk progress pertama kali ini, kelompok kami menghasilkan draft ide game dan tools yang digunakan. Karena ini baru sebatas draft, masih ada kemungkinan untuk diganti kedepannya. Untuk tools, kami menggunakan game engine: Construct 2.
Ide dari game ini adalah sebuah permainan sepert pada gambar berikut.
Jadi pemain akan menyusun kembali huruf yang diacak untuk membentuk sebuah kata sesuai soal.

Edukasi yang dapat diambil dari game ini adalah game ini dapat menambah perbendaharaan kata pemain. Game ini cocok untuk semua usia mulai dari anak-anak sampai dewasa.
source : gambar

Progress FP Game 2013 : JAS MERAH POP QUIZ : Wawasan Indonesia


 Ide final Project DOWNLOAD GAME RINGAN BUAT NETBOOKChallenges, Game Aksi, Game Board (Papan), Game Edukasi, Game Mobil, Game Olah Raga, Game Pesawat, netbook, Netbook Games, Tweaks kami adalah membuat sebuah game yang berhubungan dengan Indonesia. Permainan ini diharapkan meningkatkan pengetahuan tentang negara Indonesia.
Terdapat beberapa jenis permainan dalam game antara lain :
  1. Tebak Gambar Icon Indoensia : Ide pengembangan game didapat dari maraknya pemain yang hobi menebak sesuatu. Salah satu permainan yang sedang digemari adalah icon pop. Dalam permainan yang akan dikembangkan hal yang ditebak adalah muka dari para pejuang kemerdekaan. Jika pemain tidak dapat menebak akan terdapat hint, hint tersebut berisi kisah perjuangan sang pejuang.
  2.  Ibukota Provinsi : Terinspirasi dari permainan Math and Letters Air Control. tetapi landasan pesawatnya akan diganti dengan peta buta Indonesia, dan pesawat akan berisikan tulisan ibukota provinsi di indonesia dan pemain harus drag pesawat ke provinsi yang tepat
  3. Susun Tahun : Akan ada sebuah gambar dan deskripsi peristiwa, kemudian pemain diminta menyertakan tahun kejadian tersebut. Pemain menjawab dengan jawab drag beberapa angka ke dalam kotak tahun yang kosong.


Progress FP 1: Transfer The Packet

Ide :
Game yang ingin kami buat adalah simulasi berkendara sebuah kendaraan pengiriman barang, dimana pemain mengendalikan sebuah kendaraan pengirim barang yang bertugas mengirimkan barang  ke tempat tujuan.

Unsur Edukasi :
1.Memberikan pengetahuan kepada pemain mengenai rambu-rambu lalu lintas.
2.Membantu pemain untuk lebih mematuhi peraturan lalu lintas dalam dunia nyata
3.Bisa meningkatkan rasa tanggung jawab pemain.

Gameplay :
Dalam permainan ini, pemain bertugas untuk mengirimkan barang ke tujuan dengan mengendarai kendaraan pengangkut barang dimana terdapat waktu maksimum untuk pengiriman barang. Selain itu, banyak sekali rintangan berupa banyaknya rambu-rambu lalu lintas yang harus dipatuhi. Jika pemain melanggar rambu-rambu tersebut, maka pemain tersebut akan ditilang dan akan membuat perjalanan pengiriman barang akan menjadi terlambat. Jadi intinya didalam game ini pemain dituntut untuk mengirimkan barang tepat waktu tanpa harus melanggar lalu lintas. Kondisi menang adalah saat pemain bisa mengirimkan barangnya tepat waktu dan apabila pemain gagal mengirimkan barang tepat waktu maka pemain gagal menyelesaikan level tersebut.


Tools yang dipakai
Rencana tools yang akan dipakai adalah menggunakan Construct2

Progress Final Project 1 : Are You Indonesian?

Are You Indonesian?

Created By :
Yorindha Falasifah (5110100002)
Dandy Arganto (5110100110)
Tommy Anandra (5110100146)

Tools :
Construct 2



Final Project untuk kuliah Pembuatan Game kali ini kami membuat game edukasi bertemakan kebudayaan Indonesia. Game ini sebagai pembuktian ke-Indonesia-an kita,  dengan menguji pengetahuan mengenai Indonesia. Terinspirasi dari kurangnya pengetahuan anak muda jaman sekarang tentang Indonesia, di game ini dikemas menarik dan interaktif agar kita dapat belajar tentang kebudayaan Indonesia dengan cara yang berbeda, tidak monoton, dan menyenangkan. 

Pemain merupakan karakter utama dalam game ini, karakter dan nama karakter dalam game akan dibuat "Indonesia banget". Game ini dapat dimainkan oleh segala umur.

Game ini terdiri dari beberapa level. Pada awal permainan, pemain dapat memilih kota yang diinginkan. Pemain akan menang dan dinyatakan "Indonesia" apabila berhasil menjawab semua pertanyaan di setiap kota yang di lewatinya dan pemain dapat melanjutkan perjalana ke kota selanjutnya. Apabila pemain menang maka akan mendapatkan reward berupa seputar informasi mengenai kota yang akan dilewati selanjutnya. Pemain akan berjalan di dalam peta Indonesia dan pemain harus menjawab pertanyaan mengenai kota yang sedang dilewatinya. Apabila pemain tidak dapat menjawab pertanyaan, maka akan di deportasi ke kota / pulau lain yang terpencil.


Progress 1 FP Game

Ide :
Game yang akan kami buat adalah game yang dapat digunakan oleh anak-anak kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar untuk belajar berhitung dengan operasi matematika penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Game akan dikemas dengan menarik untuk memotivasi belajar si pemain.

Unsur edukasi :
1. Membantu anak-anak untuk belajar matematika.

Gameplay :
Dalam permainan ini,terdapat 4 level yaitu :
- Level 1 : belajar penjumlahan
- Level 2 : belajar pengurangan
- Level 3 : belajar perkalian
- Level 4 : belajar pembagian
Pemain dapat menyelesaikan permainan apabila dapat menjawab semua pertanyaan yang diberikan dengan benar. Dalam setiap level terdapat 10 soal yang harus diselesaikan dengan waktu yang terbatas.

Tools :
Rencana menggunakan Game Maker 8.1

Gambar  (tools yang digunakan adobe flash) :
                 







Cheat Game God Of War : Ascension

Cheat Game God Of War : Ascension Playstation 3

Cara Mendapatkan Costume.

Selesaikanlah Game Dan Memulai baru permainan dari awal untuk menggunakan Costume :
  • Olive Skin Kratos
  • Battle Armor Of Ares
  • Fury Armor
  • War Armor Of Hades
  • Kraken Armor
  • Skorpian Armor
  • Battle Armor Of Zeus
Mengkoleksi Trophies.

Semua Jumlah Trophies adalah 36 diantara nya, 20 Bronze, 10 Silver, 5 Gold, dan 1 Platinum. mengumpulkan trophies akan membuka effect pada saat bermain permaninan baru. effect yang di dapatkan adalah :
  • Full Loaded   :  Didapat setelah menyelesaikan upgrade kratos
  • The Eyes Have It :  Didapat setelah mengumpulkan semua gorgon eyes
  • Light As A Feather :  Didapat setelah mengumpulkan semua phoenix feather
  • Fireproof        :  Didapat setelah menyelesaikan the screw archimedes tanpa terkena hit/pukulan dari fire traps.
  • Tell Me How You Realy Feel :  Didapat setelah membunuh 25 musuh menggunakan Rage Of Gods
  • You Bastards :  Didapat setelah mengobati martyr hecatonchires
  • That's Gonna Leave a Mark : Didapat setelah menumpahkan 500 ember darah kratos
  • Handyman  :  Didapat Setelah Merekonstruksi Roda Air Kirra
  • Tools of the trade  :  Didapat setelah menggunakan semua 5 senjata dunia dalam pertempuran
  • Swinger  :  Didapat setelah Mengalahkan musuh dengan Club
  • Big Spender  :  Didapat setelah mengupgrade semua Magic ke level selanjutnya
  • Champion Of The Gods :  Didapat Setelah Membuka/Mengumpulkan semua trophies.
  • Lubed up :  Didapat setelah Menyelesaikan slide pada patung apollo tanpa sekarat
  • No Drake. You Can't Have This  :  Didapat setelah Mengoleksi semua artifact dalam permainan
  • If it Ain't Broke  :  Didapat setelah merekonstruksi semua Decayed Chest
  • Blood Oath : Didapat setelah menyelesaikan MP Training Di Olympus
  • Prison Break : Didapat setelah membebaskan kratos dari penjara
  • Gotta Hand It Yo You : Didapat setelah mengalahkan the infected hand of Aegaeon
  • Unleashed  : Didapat setelah Melempat, Membanting dan Menghantam Musuh
  • Round And Round : Didapat setelah Menyelesaikan Puzzle Rolling Crusher
  • Open Minded  :  Didapat setelah Menang MiniGame Melawan Juggernaut
  • Can't Stop, Won't Stop : Didapat setelah 1000 Hit Combo
  • Snakes On a Train : Didapat setelah Mengendarai Ular Dibelakang Tower Of Delphi
  • Hot Lunch : Didapat setelah Menang MiniGame Melawan Manticore
  • Gateway Gas : Didapat setelah Menahan Nafas dari gas beracun di Oracle's Temple
  • Hold Still Please : Didapat setelah Membuat 100 Musuh Menjadi Lambat Dengan Amulet Of Urobous
  • Hello Friend : Didapat setelah Menggunakan Oath Stone 10 Kali dalam pertarungan
  • Biting the Hand That Feeds You : Didapat setelah Mengalahkan Megaera dan Titan Hecantochires
  • Maybe You Should Call a Doctor : Didapat setelah Membiarkan Rage Meter Terisi Selama 2 Menit Lebih
  • Quiad  :  Didapat setelah Mengalahkan Pollux
  • Bros Before Foes  :  Didapat setelah Melarikan diri dari Fury Ambush
  • Blind Justice  :  Didapat setelah menggunakan Eyes Of Truth
  • Next Time Use The Stairs  :  Didapat setelah Menyelesaikan Gauntlet Of Archimedes
  • Bond Broken  : Didapat setelah menyelesaikan Game
  • Legendary Warrior  :  Didapat setelah menyelesaikan Game Pada Mode Hard
Primbon Jawa Playstation 3, Sony

Math Gèém - Semua Berubah Ketika Matematika Menyerang [Pijakan 1]



Math Gèém

Semua Berubah Ketika Matematika Menyerang


Konsep Game: Seorang pemaing mempertahankan bentengnya dari ancaman musuh.
Genre:  Tower Defense
Alur Cerita: Alkisah terdapat pasukan yang hendak menjajah wilayah tempat tinggal Almath. Almath adalah seorang polymath, dia ahli dalam bidang militer, matematika, politik, industri, dan computer. Kemudian dia mengetahui bahwa ombak pasukan yang akan datang untuk menjajah memiliki frekuensi dan kekuatan yang berbeda-beda. Dia juga tahu bahwa setiap pasukan yang datang memiliki titik kelemahan, dimana jika Almath dapat merambah titik kelemahan itu, dia dapat membunuh para pasukan yang datang. Jika Almath gagal maka pasukan akan meludahkan serangannya, dimana besar serangan dari masing-masing pasukan dapat melukai Almath, bahkan dapat membunuhnya. Ternyata setelah dikodifikasi, Almath dapat mengetahui bahwa setiap pasukan dapat diketahui titik kelemahannya dengan perhitungan matematika. Karena setiap pasukan musuh memiliki kode berupa perhitungan matematika yang berbeda, oleh karena itu, Almath harus dapat menjawab semua perhitungan matematika dengan benar agar dapat memusnahkan musuh. Almath juga harus bersiap-siap karena semakin lama, pasukan yang datang memiliki perhitungan matematika yang lumayan sulit untuk dijawab.
Game Play
-          Pasukan musuh datang silih berganti.
-          Jawab perhitungan matematika dengan benar dengan menggunakan numpad pada keyboard.
-          Jawab hingga musnah semua musuh.
Level
                Game akan terdiri dari tiga level. Perbedaan antara level satu dan level berikutnya terletak pada operasi matematika (addition, subtraction , multiplication, division, square root) yang digunakan untuk membunuh musuh.
  •          Level 1
o   Operasi matematika yang digunakan adalah addition dan substraction
o   Besar damagemasing-masing pasukan adalah sebesar 1 poin.
  •         Level 2
o   Operasi matematika yang digunakan adalah multiplication dan division
o   Besar damagemasing-masing pasukan adalah sebesar 5 poin.
  •         Level 3
o   Operasi matematika yang digunakan adalah campuran antara level 1 dan 2 kemudian ditambah dengan akar dan pangkat.
o   Besar damage masing-masing basukan adalah sebesar 10 poin.  
Kondisi Menang
-          Game ini dimenangkan jika pemain membunuh semua musuh dengan menyelesaikan semua soal matematika pada setiap level.
Kondisi Kalah
-          Setiap musuh memiliki berbagai macam damage. Jika pemain gagal membunuh pasukan musuh dengan menjawab soal matematika, maka pemain akan menerima damage. Pemain diberi HP awal sebesar 100 poin, jika poin sudah mencapai nol, maka pemain kalah.
Keep up the good work