Senin, 08 Agustus 2011

Fallout: New Vegas

Sebuah game baru dari seri Fallout kembali hadir. Tak adanya angka 3 di akhir judul, seolah ingin menegaskan kalau game ini bukanlah sebuah game ekspansi. Namun bagaimana dengan absennya angka 4? Kuat dugaan sang pengembang tak cukup percaya diri untuk menyebutnya sebagai sekuel. Penyebabnya, mungkin karena Fallout: New Vegas sangat mirip Fall Out 3. Game ini tetap menggunakan engine grafik, dan bahkan mekanisme gameplay yang sama dengan Fallout 3.


New Vegas sendiri mengambil setting satu dekade setelah kejadian Fall Out 3. Kondisi Wasteland saat itu sudah jauh berubah. Manusia sudah keluar dari Vault, dan menghuni permukaan bumi. Keberadaan para mutan juga tak lagi dominan. Akan tetapi sesuai tabiatnya, manusia pun mulai membentuk kelompok, dan kembali menebarkan permusuhan dan perang. New Vegas berlatar pertikaian antara dua kubu besar, New California Republic dan Legion. Dalam game ini, Anda akan bermain sebagai seorang kurir yang mengalami nasib sial, dan dibegal oleh suatu kelompok kriminal. Nyawa Anda berhasil diselamatkan, dan seiring dengan itu cerita pun bergulir.

Harus diakui New Vegas nyaris tidak berbeda dengan Fall Out 3. Kualitas grafik sebelas-dua belas, karena tak adanya perubahan yang kasat mata. Mekanisme gameplay tetap sama dengan hadirnya opsi pengembangan karakter seperti atribut (S.P.E.C.I.A.L), skill, dan trait yang mirip, jika tak ingin dikatakan sama persis. Bahkan keberadaan Pip Boy sebagai instrumen pemantau statistik karakter, inventory, quest, hingga peta juga masih dipertahankan. Tentu saja opsi khas seperti VATS pun masih hadir. Sisi baiknya, Anda akan langsung akrab dan tak perlu  lagi beradaptasi dengan interface yang ada. Sisi buruknya, game ini tak menawarkan suatu yang benar-benar baru, kecuali latar cerita dan misi-misinya.

Sesuai judulnya, game ini mengambil lokasi di New Vegas (Las Vegas versi Wasteland). Meski separuh hancur, New Vegas tetaplah kota hiburan dengan perjudian sebagai bisnis utama. Sebagai konsekuensinya, game ini memberikan mini game perjudian ala poker. Anda bisa mendapatkan uang dari situ sebagai alternatif lain dari opsi jual-beli yang telah ada. Jika tidak keberatan dengan minimnya perubahan, Fall Out: New Vegas  tetap merupakan sebuah game yang menarik untuk dimainkan.

website resmi: fallout.bethsoft.com
Kebutuhan Minimum:

  1. Microsoft Windows XP/Vista/7

  2. Intel Core 2 Duo@2.0 GHz

  3. 2GB RAM

  4. 128 MB VRAM NVidia 6600/ ATI Radeon X1300

  5. 9GB Harddisk space

Multiplayer: TIDAK ADA
Primbon Jawa Action RPG

Spiderman Shattered Dimensions

Dibanding semua game Spiderman yang pernah ada, Spiderman Shattered Dimensions mungkin yang paling menarik. Bayangkan, Anda kini bisa memainkan empat versi Spiderman sekaligus! Selain versi yang kita kenal selama ini, Shattered Dimensions menyuguhkan tiga versi lainnya yakni Spiderman berkostum Venom, Spiderman Noir, Spiderman 2099. Adanya empat versi Spiderman juga berarti gameplay yang lebih variatif dibanding seri-seri sebelumnya.


Kisah berawal ketika Spiderman menggagalkan upaya Mysterio mencuri sebuah artefak dari museum, Namun, akibat kecerobohan Spiderman, artefak tersebut justru pecah hingga pecahan-pecahannya terlempar ke berbagai dimensi. Belakangan, diketahui artefak tersebut memiliki kekuatan misterius yang membahayakan dunia jika jatuh ke tangan yang salah. Dengan perantara Madame Webb, empat spiderman dari empat dimensi kemudian diminta untuk mengumpulkan pecahan yang tersebar ke dimensi mereka.

Dari keempat Spiderman, dua di antaranya merupakan sosok yang relatif asing bagi kita. Keduanya adalah Spiderman di masa depan di tahun 2099 dan Spiderman di masa lalu yakni Spiderman Noir. Meski setiap Spidey digambarkan memiliki kelebihan tersendiri, gameplay tiap versi tak banyak mengalami perubahan signifikan. Pengecualian hanya bagi Spiderman Noir: Spidey satu ini paling lemah dibanding versi lainnya. Ia mengandalkan kegelapan untuk menyergap musuhnya. Game ini menerapkan metode yang sama dengan Splinter Cell: Conviction. Layar akan menjadi berwarna hitam putih jika Spidey terlindung kegelapan. Walaupun sebenarnya kurang efektif karena tampilan game menjadi suram dan didominasi warna gelap, metode ini jelas berhasil menambah daya tarik tersendiri bagi game ini.

Website Resmi: spidermandimensions.marvel.com
Spesifikasi Minimum:

  1. Microsoft Windows XP/Vista/7

  2. Core 2 Duo 2.6 GHz or AMD Athlon 64 X2 3800+

  3. 1 GB RAM (XP) / 2 GB (Vista)

  4. 256 MB 3D hardware accelerator card with Shader Model 

  5. 3 GB harddisk space