Senin, 26 Juli 2010

fungsi instance destroy game maker

Fungsi Script instance_destroy(); pada Game Maker
Tutorial game maker kali ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya yaitu mengenai kesalahan fatal yang sering dilakukan pemula dalam membuat game scrolling shooter.

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya bahwa pada tutorial kali ini kita akan mencoba memecahkan masalah mengenai kecepatan game yang semakin berkurang jika instance di room bertambah.

Untuk memecahkan masalah tersebut kita bisa menggunakan script instance_destroy();. Script ini berfungsi untuk menghancurkan objek yang kita inginkan dengan menggunakan kondisi tertentu yang sudah kamu rencanakan.

Skill yang di butuhkan untuk menyelesaikan tutorial kali ini :
- Membuat Objek dalam game [tutorial no.3].
- Cara membuat script di game maker [tutorial no.8].

Langkah Kerja :
1. Buka kembali project game yang sebelumnya telah kamu buat[menentukan titik origin suatu sprite].
2. Klik kanan obj_peluru1 kemudian pilih menu properties.
3. Klik Add event ---) lalu pilih gambar step ---) kemudian pilih step.


4. Pilih action “control” kemudian klik execute code.
5. Masukan script dibawah ini pada execute code:



if y<=view_yview+0 //jika titik koordinat y obj_peluru kurang dari y+0
{ //maka
instance_destroy(); // hancurkan instance obj_peluru dari game.
}



6. Kemudian klik tombol gambar ok

7. Jalankan permainan, rungame ---) run in debug mode.

Sekarang coba tembakan beberapa peluru dengan menggunakan tombol A di keyboard. Lihatlah layar informasi debug mode, ketika peluru mencapai titik atas dari layar, maka peluru akan hancur sehingga jumlah objek dalam game akan kembali seperti semula.

Selamat! kamu telah berhasil memecahkan masalah yang sering dilakukan oleh pemula yang biasanya tidak memeperhatikan jumlah objek yang terdapat dalam game. Sekarang project game yang kamu buat menjadi sedikit lebih baik lagi.

Bagi kamu yang ingin mengetahui hasil dari tutorial game maker kali ini , kamu bisa mendownload project game disini ( berbentuk .gmk) : download project game maker
Primbon Jawa scrolling shooter game

kesalahan dalam game scrolling shooter

Kesalahan dalam game scrolling shooter
Kesalahan fatal yang sering dilakukan pemula dalam pembuatan game scrolling shooter
Pada tutorial sebelumnya kamu telah berhasil menyelesaikan masalah mengenai ketidakserasian posisi antara dua sprites dengan menggunakan fungsi titik origin.

Pada tutorial game maker kali ini kamu akan mempelajari mengenai kesalahan fatal yang sering di lakukan oleh hampir semua pemula dalam game yang bertipe scrolling shooter.

Kesalahan tersebut adalah membiarkan suatu objek [instance] yang tidak diperlukan berada dalam game. Jika hal ini terus dibiarkan akan mengakibatkan kecepatan game yang kamu buat akan menjadi lambat dan nantinya game mengalami hang . Perhatikan gambar di bawah ini.

Jika kita memperhatikan gambar diatas, kamu bisa melihat bahwa kecepatan per frame (fps) game yang sedang di jalankan tersebut adalah 30 fps (frame per second). Sekarang coba perhatikan gambar dibawah ini:

Setelah memperhatikan gambar diatas, kamu bisa melihat bahwa kecepatan dalam game yang sedang dijalankan jadi berkurang yang asalnya 30fps sekarang menjadi 25 fps. Mengapa hal ini terjadi? Bagaiamana teknik pemecahan masalah tersebut?. Sekarang coba perhatikan satu gambar lagi dibawah ini:


Lagi-lagi kecepatan game berkurang. Jika kamu tidak segera menyelesaikan masalah ini bisa-bisa game yang kamu buat nantinya akan memiliki kecepatan yang sangat rendah dan menyebabkan game menjadi lambat dan hang.

Setelah kita memperhatikan Secara seksama ketiga gambar di atas, kamu bisa melihat bahwa ketika inst [instance] hanya 2 buah, kecepatan game 30 fps ketika inst bertambah menjadi 1030 kecepatan game menjadi 25 fps dan ketika inst = 2317 kecepatan game menjadi 19 fps.

Dengan fakta diatas, kamu bisa menyimpulkan bahwa semakin banyak instance yang ada pada suatu game maka akan semakin lambat game tersebut berjalan. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menggunakan fungsi debug mode yang ada pada game maker. Debug mode adalah suatu tool dalam maker yang berfungsi mengecheck segala aspek yang di jalankan oleh game.

Namun, karena pembahasan mengenai pemecahan masalah ini akan lumayan panjang maka kami akan membuat tutorial penyelesaiannya pada tutorial game maker selanjutnya. Untuk lanjutan dari tutorial kali ini kamu bisa membacanya disini.
Fungsi script instance_destroy(); pada game maker
Primbon Jawa scrolling shooter game

menentukan titik origin suatu sprites

Menentukan titik origin suatu objek dalam game maker
Pada tutorial game maker sebelumnya kamu telah mempelajari cara membuat sebuah pesawat yang bisa menembakan sebuah peluru. Namun jika kamu teliti baik-baik pada project game tersebut, posisi antara peluru dan pesawat tidak tepat.


Untuk Mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan fungsi titik origin yang terdapat pada menu sprites. Secara default titik origin suatu sprites berada di kiri atas sprites tersebut.


Sedangkan titik origin yang kamu perlukan saat ini adalah di bagian tengah sprite tersebut, sehingga kamu perlu mengubah titik origin sprite tersebut terlebih dahulu.

Untuk mengubah titik origin suatu sprite sangatlah mudah. Kamu hanya perlu meng-klik titik mana yang kamu inginkan untuk origin sprite tersebut dengan menggunakan klik kiri mouse atau kamu bisa mengubah nilai dari titik origin dengan Memasukan angka tertentu yang kamu inginkan

Titik Origin Untuk sprite Pesawat
Seperti yang telah kamu ketahui dari penjelasan diatas, bahwa kamu bisa mengubah titik origin suatu sprites dengan dua cara, yaitu dengan klik mouse atau mengisi nilai origin.
Titik origin yang kamu perlukan saat ini adalah di titik koordinat X=11 dan Y=8 . Perhatikan gambar di bawah ini :


Titik Origin untuk sprite Peluru [projektil]
Setelah kamu mengubah titik origin sprite pesawat, kamu juga perlu mengubah titik origin sprite peluru tersebut agar posisi peluru dan pesawat menjadi serasi pada saat game di jalankan.. Titik origin yang kamu perlukan saat ini adalah di titik koordinat X=8 dan Y=17.

Setelah kamu mengubah titik origin kedua sprite tersebut, sekarang cobalah jalankan kembali project yang telah sebelumnya kamu buat sebelumnya. Maka sekarang posisi keluar peluru dari pesawat menjadi serasi.

Bagi kamu yang ingin mengetahui hasil dari tutorial game maker kali ini , kamu bisa mendownload project game disini ( berbentuk .gmk) : download project game
Primbon Jawa scrolling shooter game

membuat pesawat bisa menembakan peluru

Membuat Pesawat bisa menembakan peluru
Pada tutorial sebelumnya kamu telah membuat sebuah pesawat yang seolah-olah sedang terbang di udara. Lalu, pada tutorial game maker kali ini kamu akan mempelajari cara membuat pesawat yang bisa menembakan peluru.

Skill yang di butuhkan untuk menyelesaikan tutorial ini :
- Memasukan sprites ke dalam game [tutorial no.2].
- Membuat objek dalam game maker [tutorial no.3].
- Membuat event dalam suatu objek [tutorial no.4].
- Membuat Script action di game maker [tutorial no.8].

Langkah Kerja :
1. Buka kembali project game sebelumnya [ membuat background scrolling shooter 2 ].
2. Buatlah / cari sebuah sprite (gambar) yang berbentuk sebuah projektil peluru. Contoh :


3. Masukan sprite peluru tersebut [klik kanan sprites ----) Create Sprite ---) Load Sprite].
4. Beri nama sprite tersebut dengan nama “peluru1” .
5. Setelah itu buatlah sebuah objek dengan menggunakan sprite “peluru1” dan beri nama objek tersebut dengan nama “obj_peluru1”.
6. Lalu, klik Add event ----) pilih Create ---) buatlah sebuah execute code dengan menggunakan script di bawah ini :


vspeed= -10; // membuat objek bergerak keatas dengan kecepatan sebesar 10.

7. Kemudian klik tanda ceklis yang berwarna hijau.
8. Klik kanan obj_pesawat ---) pilih properties.
9. Pada step event yang telah kamu buat sebelumnya, tambahkan sebuah execute code baru di bawahnya dengan menggunakan script di bawah ini :


if keyboard_check(ord(“A”))// jika tombol A pada keyboard di tekan
{//maka
instance_create(x,y,obj_peluru1)// buatlah objek obj_peluru1 pada koordinat x,y titik origin kapal tersebut.
}

10. Klik tanda ceklis warna hijau.
11 Jalankan Permainan rungame ---) run in debug mode .
12. Coba tekan tombol A pada keyboard maka, jika tidak ada kesalahan pesawat bisa menembakan sebuah projektil.

Bagi kamu yang ingin mengetahui hasil dari tutorial game maker kali ini , kamu bisa mendownload project game disini ( berbentuk .gmk) : download project game
Primbon Jawa scrolling shooter game