Rabu, 23 Maret 2011

membuat sebuah instruksi dengan gml

bagaimana cara membuat sebuah pernyataan dengan game maker language?
Pada tutorial game maker sebelumnya kita telah mempelajari mengenai dasar-dasar dari
gml ( game maker language ). Pada tutorial kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat sebuah pernyataan yang berisi informasi atau perintah dengan menggunakan game maker language.


Pada dasarnya, bentuk umum dari sebuah pernyataan (statement) adalah sebagai berikut :

{
<statement>;
}

Untuk membuat sebuah pernyataan dalam gml, alangkah baiknya bila kita menambahkan tanda kurung kurawal buka”{” dan menutupnya dengan kurung kurawal tutup”}”, serta memberikan tanda titik koma disetiap akhir sebuah pernyataan.

Namun hal seperti ini tidaklah mutlak, sehingga Anda jangan terlalu pusing bila sewaktu-waktu Anda lupa dalam memberikan tanda kurung kurawal ataupun titik koma pada sebuah statement, karena gml akan menganggap statement tersebut benar.

Contoh statement biasa :

{
Ibu pergi ke pasar ;
}

atau

{
Ayah sedang membaca koran;
Saya sedang menonton TV;
}

Contoh statement dalam gml

{
x = 10;
y= 12;
}

Setelah melihat contoh diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa untuk membuat sebuah statement dengan menggunakan gml tidaklah sulit. Secara garis besar , statement atau pernyataan bisa kita bagi menjadi beberapa macam yaitu :
1). if statement.
2). for statement.
3). switch statement, dll.

Bentuk pernyataan-pernyataan diatas akan dijelaskan pada tutorial game maker selanjutnya, yang pasti semua bentuk statement diatas tidaklah terlalu sulit untuk kita pahami, yang penting adalah pertahankan semangat Anda untuk belajar karena dengan semangat yang tinggi sesulit apapun sebuah ilmu pasti akan kita pahami juga akhirnya.
Primbon Jawa game maker overview

berkenalan dengan game maker language

Apakah yang dimaksud dengan game maker language ?
Game maker language atau yang biasa disingkat dengan gml, adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Mark Overmars sebagai bahasa penunjang untuk software buatannya yakni Game Maker.

Game maker language ini mampu memberikan akses bagi para pembuat game ( baik pemula atau yang sudah mahir ) untuk membuat serta mengembangkan game buatannya sendiri dengan cepat dan mudah.


Pada tutorial game maker kali ini kita akan mempelajari mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah script ( kode / perintah ) dengan menggunakan gml tersebut.

Pada dasarnya, hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan script gml ini sangatlah sederhana, yaitu :

1 . Pemberian nama pada resources ( sprites, sounds, objects, dll)
Ini merupakan salah satu hal yang harus kita cermati, pemberian nama untuk resources yang nantinya akan kita gunakan dalam script gml ini haruslah memenuhi kaidah-kaidah (peraturan) pemberian nama yang tepat. Misalnya :

1). Huruf pertama untuk setiap resources haruslah diawali dengan huruf ( a - z ), dengan kata lain ini resources tidak boleh diawali oleh angka ( 0-9 ).
2). Nama sebuah resources tidak boleh ada spasi, sehingga untuk tanda spasi kita bisa menggantinya dengan menggunakan underscore ( _ ).
3. Nama sebuah resources hanya boleh menggunakan huruf ( a-z), angka ( 0-9) serta underscore ( _ ), sehingga tidak diperbolehkan untuk menggunakan special character seperti tanda seru ( ! ) ataupun tanda tanya ( ? ) , dll.

2. Hindari penggunaan Reserved word
Reserved word adalah sekelompok kata dalam bahasa pemrograman yang telah memiliki arti tertentu. Dibawah ini merupakan contoh kata-kata yang tergolong reserved words :

1). if
2). for
3). while
4). continue.
5). exp
6). global
7). ceil, dll.

Jika kita mencermati pernyataan-pernyataan diatas secara teliti, kita bisa menyimpulkan bahwa ternyata hal-hal yang harus kita perhatikan sebenarnya sangatlah sederhana. Kita tidak perlu terlalu pusing untuk memberikan nama dalam resources, hanya saja yang terpenting adalah nama yang kita berikan tersebut mudah dipahami dan mudah diiingat oleh kita.
Primbon Jawa game maker overview

membuat intro dan main menu

Cara Membuat Intro game dan main menu dengan menggunakan gamemaker
Pada tutorial gamemaker kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat sebuah intro game beserta main menu dengan menggunakan game maker. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa kami telah menyediakan file pdfnya sehingga Anda bisa mempelajarinya walaupun tidak terkoneksi ke internet.


Info singkat
Nama tutorial : membuat intro game dan main menu dengan game maker
Tingkat kesulitan : semi – intermediate
Versi : gamemaker 8 unregistered atau pro

Di bawah ini merupakan sebagian daftar script-script yang digunakan untuk menyelesaikan tutorial ini :

sound_loop = script ini berfungsi untuk menjalankan file-file suara yang ada di folder sound secara loop, maksudnya bahwa dengan menggunakan script ini file suara yang kita putar akan kembali ke awal lagi bila durasi waktunya sudah habis. Script ini sangat cocok untuk menjalankan suara latar dalam game.

sound_play = Script ini hampir sama dengan sound_loop, hanya saja bila kita menggunakan script ini, file suara yang dijalankan hanya akan diputar selama satu kali saja. Penggunaan script ini biasanya hanya untuk sound effect.

room_goto = Script ini berfungsi untuk membuat kita bisa berpindah ke room yan telah tentukan.

draw_text = Script ini merupakan script yang berfungsi untuk menggambar suatu text (tulisan ) baik itu berupa angka atau huruf dititik koordinat yang telah kita tentukan sebelumnya.

background_color = Script ini berfungsi untuk membuat warna background suatu room menjadi warna yang telah kita tentukan.

Sebenarnya masih banyak script-script yang kita gunakan untuk membuat sebuah intro game dan main menu ini. Untuk mengetahui lanjut lanjut silahkan download file pdf beserta contohnya disini :
[ intro game dan main menu pdf + gmk ]
Primbon Jawa semi-intermediate