mengenal room dalam game maker

Memahami Kinerja Room dalam Game Maker
Pada tutorial game maker kali ini kamu akan mempelajari mengenai fungsi room dan bagaimana kinerja room sebenarnya. Rooms dalam game maker adalah suatu tempat yang berfungsi untuk menampung objek-objek yang telah kamu buat agar bisa saling berinteraksi dalam game.

Cara membuat room sangatlah mudah , caranya yaitu : klik kanan room ---) lalu pilih create room, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :



Cara Mengubah Lebar Room
Dalam game maker ukuran default sebuah room adalah 640 x 480 pixel. Ukuran tersebut memang cukup luas untuk membuat sebuah game. Namun jika kamu belum puas dengan ukuran tersebut kamu bisa mengubahnya menjadi sesuai keinginanmu, caranya adalah sebagai berikut :

1. Pilih room mana yang akan kamu ubah ukurannya.
2. Klik Setting, Untuk mengubah lebar room pilih opsi width lalu masukan besar nilai yang kamu inginkan, sedangkan untuk mengubah tinggi room kamu bisa menggunakan opsi height.
3. Jika sudah klik tanda ceklis berwarna hijau.

Memahami fungsi titik koordinat dalam room
Perhatikan gambar di bawah ini :



Pengetahuan mengenai titik koordinat sangatlah penting, karena dengan titik koordinat kita bisa menentukan dimanakah objek persis akan disimpan dalam suatu game.

Secara umum titik koordinat di dalam game maker di bagi menjadi tiga macam yaitu titik x, titik y dan titik z. Titik x dan y biasanya di gunakan dalam game yang bertipe 2 dimensi, sedangkan titik z hanya di khususkan bila kita akan membuat game yang bertipe 3 dimensi.
Anda baru saja membaca artikel Situs GAME NETBOOK GRATIS .exe .zip .rar yang berkategori scrolling shooter game dengan judul mengenal room dalam game maker. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://netbook-game.blogspot.com/2010/07/mengenal-room-dalam-game-maker.html. Terima kasih!
Posted by: Primbon Jawa mengenal room dalam game maker Updated at : 20.03
http://netbook-game.blogspot.com/ - Game Netbook Populer Lainya 2014 :

Belum ada komentar untuk "mengenal room dalam game maker"

Posting Komentar