KINGDOM HEARTS

Genre : Action - RPG
Tema : Fantasi
ESRB Rating : Everyone
Rating : 8.7
Rank(PS2) : 1

Kingdom Hearts adalah Game yang dirilis di konsol PlayStation 2 di tahun 2002. Game ini merupakan awal mula dari kolaborasi Squaresoft dengan Disney dan menempatkan Tetsuya Nomura(desainer game Final Fantasy) sebagai direktur untuk pertama kalinya.
Game ini mengusung genre Action-RPG dimana pemain dapat menjalankan pemain sesuka hati namun dengan cara yang khas RPG. Memang genre ini sudah pernah ada sebelumnya namun banyak orang yang menilai bahwa genre action-rpg terbaik memang dimiliki oleh game ini.

Game ini memiliki jalan cerita yang sebenarnya standar untuk ukuran game rpg yaitu tentang kampung halaman yang dihancurkan dan keinginan tokoh utama, Sora, untuk bertemu dengan teman - temannya lagi yang "diculik" oleh penyerang kampung halamannya dan ditengah usahanya menyelamatkan temannya dia terjebak diantara konflik dua pihak yang ingin menguasai satu sama lain. Namun yang menjadi faktor plus game ini adalah tokoh - tokoh yang dilibatkan, yaitu tokoh - tokoh kartun Disney dan tokoh - tokoh di game seri Final Fantasy. Dengan adanya tokoh - tokoh tersebut tentu saja game ini dapat menjaring selera dari fans Disney maupun Final Fantasy pada umumnya. Selain itu karakter dari tokoh - tokoh tersebut juga dipertahankan misal Mickey Mouse adalah karakter baik dan Maleficent(Snow White) adalah karakter jahat.Walaupun sebenarnya jalan cerita game ini tidak ada sangkut pautnya dengan cerita di Disney maupun di Final Fantasy.

screenshot diatas menunjukkan ketika bertarung melawan boss, Ursula, dari dunia Little Mermaid

Screenshot diatas menunjukkan ketika Sora dalam dunia 1001 Night's Aladin.

Screenshot ketika pertarungan melawan Sepiroth(Secret Boss)

Screenshot Sora dengan Simba
Aturan Main:
  • Pemain diharuskan mengikuti jalan cerita utama, disebutkan dalam menu quest.
  • Pemain dapat mengeksplorasi rahasia game secara bebas selama area tersebut sudah terbuka, misal mendapatkan summon, skill atau bertemu boss rahasia.
  • Pemain mendapatkan anggota baru atau kekuatan baru ketika berkunjung ke suatu dunia tertentu(tidak semua dunia), misal ketika mengunjungi Neverland pemain dapat merekrut peterpan atau pemain menjadi manusia ikan ketika mengunjungi Atlantica(The Little Mermaid).
  • Pemain dapat mengganti perlengkapan karakter anggota namun desain yang berubah hanya untuk senjata sedangkan untuk penampilan dapat berubah sesuai dunianya(tidak semua dunia membuat desain karakter berubah).
  • Untuk menggerakkan pemain, menggunakan analog kiri dan untuk memilih menu aksi menggunakan tombol arah diikuti tombol X.
  • Aksi yang dapat dipilih mencakup attack, magic, item,dan summon.
  •  Untuk skill menggunakan tombol kotak, namun harus pada momentum yang pas (misal parry hanya bisa digunakan ketika pemain berhasil menekan tombol kotak ketika musuh menyerang).
  • Ketika HP(Health Point) mencapai angka 0 pemain dinyatakan mati (Game Over)
  • Ketika Game Over Pemain dapat melakukan respawn dengan cara Load Last Save Game atau Retry atau End Game.
  • Level maksimal yang dapat diraih adalah 99. 
  • RPG, pemain bebas mengembangkan karakter sesuai keinginannya, misal fokus ke magic atau fokus ke melee. Bebas menentukan perlengkapan dan lain sebagainya. Namun untuk jalan cerita masih linier.
 Alasan saya memilih Kingdom Hearts sebagai game terbaik saya karena game ini mampu mewujudkan kombinasi yang sangat baik antara Disney, pembuat film kartun favorit saya dari kecil, Squaresoft(SquareEnix), pembuat game RPG favorit saya,. Dengan jalan cerita yang sangat menarik untuk diikuti dan gameplay yang dapat membuat pemainnya ketagihan. Selain itu sound dari game ini juga tidak main - main dikawal langsung oleh dua komposer handal jepang yaitu Kaouru Wada dan Yoko Shimomura dan salah satu Diva penyanyi Jepang Utada Hikaru. Untuk masalah visual juga sudah tidak perlu ditanyakan lagi, diketuai oleh salah satu designer handal squaresoft(sekarang square enix) yaitu tetsuya nomura, sudah pasti elemen ini tidak mungkin luput. Terbukti efek visual yang dihasilkan game ini sangat memukau dan sangat bersahabat terutama bagi para penggermar seri Final Fantasy. Saking terkenalnya genre ala Kingdom Hearts ini malahan seri seri Final Fantasy yang baru sedikit mengikuti gameplay dari game ini.

Sisi Positif lainnya:
- tombol menu yang khas Final Fantasy
- nama nama jurus yang khas Final Fantasy
- beberapa dunia yang sesuai cerita Disney
- mini game atraktif seperti musik dan kapal gummi

Penjelasan singkat ini sepertinya mampu untuk mendukung argumen saya bahwa Kingdom Hearts layak dilabeli sebagai salah satu game terbaik yang pernah ada. Mungkin beberapa sisi jelek dari game ini adalah dibutuhkan waktu yang banyak untuk benar benar 100% menyelesaikan gamenya dan ongkos yang banyak untuk mengikuti seri dari game ini karena seri - seri penerusnya dirilis di berbagai konsol berbeda dengan judul yang beda di setiap konsolnya.

Untuk teman - teman yang penasaran dapat melihat video trailer dan gameplay berikut mengenai Kingdom Hearts:



dan ini untuk video gameplay

Penulis:
Ramadhan Satya Putra
5110100005
Ramadhan Satya Putra | Create Your Badge
Anda baru saja membaca artikel Situs GAME NETBOOK GRATIS .exe .zip .rar yang berkategori 5110100005 / Kingdom Hearts / tugas review game terbaik dengan judul KINGDOM HEARTS. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://netbook-game.blogspot.com/2013/09/kingdom-hearts.html. Terima kasih!
Posted by: Primbon Jawa KINGDOM HEARTS Updated at : 11.45
http://netbook-game.blogspot.com/ - Game Netbook Populer Lainya 2014 :

Belum ada komentar untuk "KINGDOM HEARTS"

Posting Komentar