Review Game Tomb Raider(2013)



INTRO
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memaparkan sekaligus mereview salah satu judul game andalan square enix tahun ini. Tomb Raider, ya inilah salah satu judul game andalan square enix tahun ini selain final fantasi series yang di release di awal tahun ini. Mungkin untuk sebagian besar penggemar game, judul game yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Bahkan judul game yang pertama kali diperkenalkan sejak era PS ONE ini sudah terlalu usang dimata para gamer. Untuk yang belum pernah tahu-menahu soal game yang satu ini, game ini adalah game yang menceritakan sang tokoh utama yakni LARA CROFT dalam petualangan nya ke situs-situs bersejarah dalam ‘aksi’nya untuk menguak mitos yang ada di sekitaran situs-situs bersejarah tersebut. Aksi, inilah inti yang diberikan oleh game yang sempat sangat populer sejak tahun 95’an ini. Aksi, ini pula lah yang mampu mengangkat game ini menjadi salah satu game yang legendaris. Tentunya berkat kepiawaian game ini dalam membuat pemainnya hampir selalu memacu adrenalin mereka hampir di sepanjang permainan berkat aksi-aksi memukau yang diperagakan oleh sang tokoh utama. Saking melegendanya game ini, bahkan sampai saat ini fan-base Tomb Raider dan Lara Croft masih sangat besar. Hal ini pulalah yang mendorong sang publisher untuk tidak bosan-bosannya terus merilis seri game yang satu ini hingga sekarang.

THE NEW TOMB RIDER



PLOT & SUMMARIES
Meski sempat terpuruk dalam hal penjualan di beberapa rilis game terakhir dan sempat juga berganti publisher, pada kenyataan-nya franchise game ini masih bertahan hingga sekarang. Daripada dibilang hanya sekedar bertahan game ini bahkan mampu bangkit dan meraih sukses di rilis kesepuluh dari seri tomb raider ini. Judul terakhir dari seri inilah yang akan kita bahas lebih detil. Masih menceritakan petualangan lara croft di seri yang terakhir ini, pihak developer memilih untuk tidak melanjutkan jalan cerita terakhir dari seri ini dan justru memilih untuk mengambil setting cerita ketika sang tokoh utama memulai petualangan pertamanya. Masih menceritakan petualangan Lara dalam menguak mitos di situs-situs berjarah, pada game kali ini pemain dibawa dalam petualangan Lara dan teman-temannya sesama arkeolog demi menguak mitos hilangnya salah satu peradaban besar yang pernah ada di Jepang. Yakni kerajaan kuno yamatai beserta sang ratu Himiko atau sang ratu Matahari. Plot dari game inipun dimulai ketika Lara dan para teman arkeolognya berhasil mengendus keberadaan dari peradaban yamatai yang hilang. Dengan mengendarai sebuah kapal Lara dan rombongannya pun berangkat ke lokasi yang mereka duga sebagai situs peninggalan yamatai. Naas menimpa rombongan Lara, kapal yang mereka naiki dihantam badai besar ketika hampir mencapai pulau yang mereka duga sebagai pulau terakhir yang sempat dihuni oleh sisa penduduk yamatai. Untungnya para awak kapal termasuk Lara mampu selamat dan terdampar di pulau tersebut. Di sinilah  petualangan Lara dimulai, untuk lebih lengkapnya kalian bisa memainkan game yang satu ini.



Menurut saya pribadi justru plot cerita yang kuat dan bukan hanya sekedar aksi menantang yang intens lah yang membuat banyak orang ketagihan untuk memainkan game ini. Tema horor, thriller dan magis yang selalu menjadi bumbu petualangan Lara dalam setiap serinya pun terbukti sukses dalam memuaskan setiap pemainnya. Bahkan jika kalian sudah memainkan seri terakhir ini kalian pasti akan merasa dimanjakan tidak hanya dengan sekedar plot cerita tapi juga pemandangan eksotis dari pulau yang sudah disiapkan oleh sang developer ini untuk kalian jelajahi. Ya, dalam game ini kalian bisa dengan bebas menjelajah setiap sudut pulau dengan bebas tanpa batasan apapun. Tentunnya sang developer benar-benar telah mempersiapkan setting pulau ini dengan sangat mempesona lengkap dengan berbagai variasi tumbuhan, hewan dan suasana dalam hutan di sebuah pulau terpencil tak terurus yang sangat hidup dan terasa begitu natural. Didukung pula dengan teknologi grafis terkini sehingga menjamin efek visual terbaik dalam game. Dengan engine game buatan sendiri yang mereka sebut dengan Crystal Engine game ini mampu tampil mulus di 3 platform yang berbeda yakni PC, XBOX360, dan PS3. Bahkan dengan efek visual yang memukau ini tidak sampai menggagu jalannya aksi insten sepanjan permainan.

GAMEPLAY



Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya game terbaru dari seri tomb raider ini masih menekankan sisi aksi yang kental di sepanjang permainan. Dalam pulau yang Lara kunjungi kali ini, pihak developer memang membiarkan pemain bereksplorasi penuh untuk mengunjungi setiap sudut pulau. Meskipun disebut bebas akan tetapi pemain juga diberikan sebuah sistem navigasi yang akan menuntun pemain untuk menuju tiap event dalam game ini. Tentunya dengan sistem navigasi ini mampu memastikan pemain agar tidak kebingungan untuk menyelesaikan jalan cerita utama dari game ini. Sehingga tanpa mengeksplorasi setiap sudut pulau dan cukup hanya dengan mengikuti navigasi yang diberikan sepanjang permainan pemain juga dapat langsung menuju setiap main event dan menyelesaikan game dengan segera. Hanya saja tanpa eksplorasi akan ada banyak hal yang kita lewatkan dari game ini. Khususnya karena game terbaru dari serial tomb raider ini juga memberikan sedikit elemen role playing sebagai bumbu permainan. 

ROLE PLAY



Elemen role playing di sini bakal menuntut pemain untuk menjelajah setiap sudut pulau untuk mendapatkan experients point, salvage point, dan part. Yang tentunya point-point ini sangat diperlukan untuk mengembangkan karakter yang pemain kendalikan agar dapat lebih  hebat saat pertarungan. Experient point digunakan untuk mengupgrade skill tertentu dalam game yang akan membuat pemain semakin mudah dalam menjalankan aksi lara dalam permainan. Eksperient point bakal didapat oleh pemain ketika pemain berhasil mengalahkan musuh atau melakukan hunting berbagai hewan di hutan. Salvage point digunakan untuk mengupgrade  keahlian Lara dalam bertarung khususnya kemampuan untuk menggunakan berbagai jenis variasi senjata. Point ini baru didapat oleh pemain ketika pemain menemukan artefak tertentu dalam game. Tentunya berburu artefak kuno juga bakal sangat sesuai dengan judul game ini yakni TOMB RAIDER atau PENJARAH MAKAM. Yang terakhir Lara juga dapat mengupgrade senjata dalam game dengan setiap part yang ditemukan di sepanjang permainan. Yang tentunya ini bakal semakin memudahkan pemain dalam mengalahkan musuh yang menghadang. Bukan elemen role playing namanya jika keputusan pemain untuk mengupgrade skill tertentu dalam game tidak memberikan efek apapun. Karena keputusan untuk menentukan skill mana yang lebih diutamakan dalam game akan dapat merubah cara pemain dalam mengalahkan musuh. Yakni berlari secari frontal untuk menghabisi semua musuh yang ada atau memilih mengendap-endap untuk membunuh musuh satu-persatu dalam game.

THE MAIN ACTION AND THE PLATFORM



Berbagai aksi menarik nan menantang tentunya bakal terus dilakukan lara sepanjang permainan. Bahkan untuk melewati satu bagian tertentu dalam game pemain harus paham kapan pemain harus berjalan, kapan harus berlari, melompat, dan memanjat suatu platform tertentu. Tentunya dibutuhkan waktu eksekusi yang pas dalam setiap aksi yang dilakukan oleh pemain agar Lara tidak mati konyol dalam misi yang dijalankan. Timing yang tepat dalam eksukusi dan reflex pemain dalam menekan tiap tombol perintah dalam game adalah hal paling esential yang dibutuhkan pemain disepanjang permainan. Dalam game ini disuguhkan pula satu fitur baru yang belum ada dalam seri tomb raider yang lain yakni fitur QTE. 



Mungkin untuk kalian yang sudah banyak memainkan berbgai judul game action, tidak akan merasa asing lagi dengan fitur baru ini. Karena pada dasarnya fitur ini bakal selalu kalian temui dalam setiap judul game action modern.   Fitur QTE atau Quick Time Event adalah satu fitur yang dapat menambah keasikan bermain bahkan saat game menampilkan berbagai aksi lara dalam bentuk sinematik sekalipun. Ya, ketika pemain sedang enak menonton berbagai aksi memukau yang dipertunjukkan Lara dalam game tiba-tiba akan muncul perintah dilayar untuk menekan satu tombol tertentu. Yang tentunya sedikit saja pemain terlambat menekan tombol maka pada saat itu pula aksi Lara terhenti dan GAME OVER. Satu elemen penting yang tidak terpisahkan dalam game ini yang membuat game ini menyandang predikat sebagai salah satu game dengan genre 3D platformer terbaik adalah elemen platformer ini sendiri. 


THE PLATFORM ACTION



Jika ada yang kaget setelah mendengar bahwa game ini memiliki genre platformer, hal ini sangat wajar mengingat game platformer yang sebelumnya identik dengan tampilan 2D side scrolling. Sedangkan game ini sendiri jelas-jelas menyuguhkan satu area 3D yang luas yang siap untuk dieksplorasi. Tetapi elemen dasar dari genre platformer sesuai yang didefinisikan di sini(http://en.wikipedia.org/wiki/Platform_game), yakni kemampuan pemain untuk menjalankan karakter untuk melompat antar satu platform ke platform lainnya, melompati rintangan, untuk menuju area selanjutnya dalam game masih sering kita temui di sepanjang permainan. Hanya saja bedanya semua platform yang ada telah dikemas dalam bentuk 3D.

INVOLVE THE PUZZLE



Salah satu elemen yang juga menarik dalam game ini yang telah menjadi ciri khas dari setiap seri game apalagi kalau bukan elemen puzzle. Game ini sendiri juga dikenal sebagai salah satu game yang memiliki elemen puzzle yang sangat kuat dan cenderung susah untuk dipecahkan. Sehingga pemain tidak hanya disuguhi melulu aksi dalam game yang dapat melatih reflex pemain tapi juga elemen puzzle solving yang dijamin bakal membuat pemain memeras otak saking susahnya. Dengan bumbu puzzle inilah yang membuat game semakin kompleks dan menambah aroma misteri dalam game.

MATURE CONTENT



Sesuai dengan rating ESRB yang diberikan, game ini memang khusus hanya diperuntukkan bagi pemain dewasa. Hal ini dikarenakan disepanjang permainan pemain akan disuguhi berbagai unsur permainan yang terkesan sadis ala film Thriller. Tidak kaget kalau cipratan darah akan sering ditemui seiring dengan tewasnya satu-persatu musuh atau bahkan ketika pemain gagal melewati rintangan tertentu dalam game.

MENGAPA YANG TERBAIK ?
Menurut saya game ini pantas mendapat predikat yang terbaik dengan segudang alasan yang menyertai. Alasan pertama, seperti yang sudah sempat disinggung diatas game ini adalah frenchise yang mampu bertahan hidup selama lebih dari 18 tahun lamanya. Kedua, Plot yang disiapkan serta jalan cerita yang unik menjadi alasan yang sangat kuat bagi pemain untuk menyelesaikan game ini. Ketiga, elemen gameplay yang kompleks dengan menekan kan sisi aksi dalam permainan, game ini juga memberikan bumbu role playing ala game RPG dan juga elemen puzzle solving yang kental. Ditambah dengan kualitas grafis yang memukau dan setting game yang menakjubkan akan menjamin pemain tidak akan merasa bosan sedikitpun selama permainan berlangsung. Masih ditambah dengan tema horor dan thriller dalam game yang akan senantiasa membuat pemain terhanyut dalam permainan. Dan hebatnya lagi bagi para gamer PC, game ini sangat friendly dalam hal system requirement berkat optimalisasi engine yang sangat baik, game dapat berjalan mulus bahkan pada PC dengan spesifikasi yang minimal sekalipun dengan tetap menjaga keindahan dlam game.

OTHER DETAILS
Genre : Action
Sub-genre           : 3D-Platformer
Theme : Historical Site-Adventure
ESRB Rating : M / 18+
Rating : 8.5 great 
[http://us.gamespot.com/tomb-raider/reviews/tomb-raider-review-6405201/]
Developer(s) : Crystal Dynamics
Publisher(s) : Square Enix
Engine : Modified Crystal Engine
Platform(s)          : PlayStation 3, Microsoft Windows, Xbox 360
Release date(s) : 5 March 2013

SYSTEM REQUIREMENT FOR PC USER
[Tomb Raider Minimum System Requirements]
OS: Windows XP Service Pack 3
CPU: Intel Core 2 Duo E6300 1.86GHz or AMD Athlon 64 2.1GHz 4050+
RAM: 1GB System Memory
GPU: Nvidia GeForce 8600 GT or ATI Radeon HD 2600 XT
DX: DX 9
HDD: 12 Gb Free Hard Drive Space

[Tomb Raider Recommended System Requirements]
OS: Windows 7 64bit
CPU: Intel Core i5-750 2.4GHz or AMD Phenom II X2 565 3.4GHz
RAM: 4GB System Memory
GPU: Nvidia GeForce GTX 480 or Radeon HD 4870
DX: DX 11

TENTANG PENULIS
Nama : Dandy Arganto
NRP   : 5110100110
kelas  : Pembuatan Game - A



Dandy Argan

Create Your Badge
Anda baru saja membaca artikel Situs GAME NETBOOK GRATIS .exe .zip .rar yang berkategori 5110100110 / Tomb Raider(2013) / tugas review game terbaik dengan judul Review Game Tomb Raider(2013). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://netbook-game.blogspot.com/2013/09/review-game-tomb-raider2013.html. Terima kasih!
Posted by: Primbon Jawa Review Game Tomb Raider(2013) Updated at : 22.07
http://netbook-game.blogspot.com/ - Game Netbook Populer Lainya 2014 :

Belum ada komentar untuk "Review Game Tomb Raider(2013)"

Posting Komentar