Cashflow



Deskripsi
Cashflow yang berarti arus kas adalah permainan tentang manajemen finansial pribadi. Permainan yang ditemukan oleh Robert Kiyosaki (penulis Rich Dad, Poor Dad) ini adalah permainan yang menggambarkan simulasi proses manusia dalam mengatur arus kas masuk dan keluar sehingga biaya hidup dapat tercukupi dengan sangat baik. Kondisi keuangan yang sangat baik inilah yang disebut dengan Financial Freedom sehingga pemain tidak perlu bekerja lagi untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, tetapi investasilah yang bekerja.


Permainan ini mempunyai dua versi, yakni Cashflow 101 untuk pemain pemula yang ingin belajar konsep dasar manajemen finansial dan versi Cashflow 202 untuk pemain yang sudah mengenal konsep dasar dan ingin mengenal konsep investasi yang lebih kompleks lagi contohnya adanya bursa saham pada permainan.


Video Trailer
Dapat dilihat cara bermainnya seperti di bawah ini.


Aturan Main
Permainan ini mirip dengan monopoli, bedanya adalah di sini petak yang diberikan bukan mengenai kota ataupun negara tetapi mengenai kesempatan pemain untuk berinvestasi. Di awal, pemain boleh memilih impian yang akan dituju misal keliling dunia. Kemudian pemain memasuki tahap permainan yang terdiri dari dua tahap.


Gambar 1. Tahap Pertama Perlombaan Tikus

Tahap pertama adalah “perlombaan tikus”. Di sebelah kiri terdapat laporan keuangan. Permainan membutuhkan pemain untuk mengisi laporan keuangan mereka sendiri sehingga mereka dapat melihat lebih jelas apa yang terjadi dengan keuangan mereka. Hal ini biasanya menunjukkan bagaimana aset menghasilkan pendapatan. Pemain bertujuan untuk meningkatkan pendapatan pasif dimana pendapatan yang mereka peroleh harus melebihi jumlah pengeluaran. Semakin banyak pendapatan pasif akan semakin baik oleh karena itu pemain harus pintar dalam memilih strategi untuk memanajemen investasinya.


Gambar 2. Tahap kedua Jalur Cepat

Tahap kedua adalah ketika pemain memasuki “jalur cepat” artinya pemain telah berhasil menjadi pemenang dan sudah berada dalam kondisi finansial yang sangat baik atau dikenal dengan kebebasan finansial. Pemain dapat mengejar impian yang telah dipilih di awal tadi untuk menyelesaikan permainan ini.


Klasifikasi
  • Genre: Strategy
  • ESRB: Everyone 10+
  • Theme: Education
  • Platform: PC, Web 

Terbaik
Permainan ini adalah permainan terbaik menurut penulis karena mengajarkan sesuatu yang baru, yang belum pernah diajarkan di kelas ataupun di sekolah. Meski permainan ini sederhana, tapi permainan ini menyenangkan dan mempunyai inti edukasi finansial yang sangat menarik sehingga tiap pemain akan lebih mengerti bagaimana cara mencapai keadaan kebebasan finansial tanpa harus membaca buku teks yang berisi teori semata.

Permainan ini juga dapat dimainkan secara bersama dengan banyak orang karena permainan ini berbasis web. Oleh karena itu permainan ini adalah permainan yang bisa membuat pemain lupa waktu karena asyik bermain dengan teman – teman.

Penulis
Zahroh Nishful Lailiyah - 5110100180
Zahroh Nishful Lailiyah

Create your badge
Anda baru saja membaca artikel Situs GAME NETBOOK GRATIS .exe .zip .rar yang berkategori 5110100180 / Cashflow / tugas review game terbaik dengan judul Cashflow. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://netbook-game.blogspot.com/2013/09/cashflow.html. Terima kasih!
Posted by: templates-office.com Cashflow Updated at : 18.07
http://netbook-game.blogspot.com/ - Game Netbook Populer Lainya 2014 :

Belum ada komentar untuk "Cashflow"

Posting Komentar