Romance of The Three Kingdoms X

ROTK X Cover
PRAKATA
Romance of The Three Kingdoms X (ROTK X) adalah seri game ROTK ke-10 dari 12 seri yang telah beredar. Alasan mengapa memilih ROTK X daripada ROTK XI atau XII adalah karena gameplay dari ROTK X lebih ke aspek simulasi sejarah daripada turn based strategy yang tentunya lebih menarik untuk diulas lebih dalam. Game besutan Koei ini mengisahkan tentang sejarah Tiga Kerajaan yaitu Shu, Wu, dan Wei dari dataran Cina. Game ini mengikuti alur cerita dari novel historis dengan judul sama yaitu Romance of The Three Kingdoms karya Luo Guanzhong.
Romance of The Three Kingdoms Book karya Luo Guanzhong

ROTK X memiliki pilihan karakter yang sudah banyak dikenal oleh pemain karena beberapa karakter ini muncul pada seri game Koei lainnya yaitu Dynasty Warrior, diantaranya Liu Bei, Guan Yu, Zhang Fei, Zhao Yun, Lu Bu, Cao Cao, dan Sun Quan. Tapi tentu saja karena game ini lebih condong kepada simulasi historis maka banyak sekali karakter tambahan lainnya yang menjadi pejabat-pejabat dari Tiga Kerajaan maupun kerajaan lain dalam cerita ini. Total pemain yang bisa dimainkan diperkirakan mencapai 650 orang (dan tentu saja saya belum pernah mencoba semuanya) dengan masing-masing mempunyai alur ceritanya sendiri-sendiri.

KLASIFIKASI GAME
Judul : Romance of The Three Kingdoms X /Sangokushi X (三國志X)
Pengembang : Koei
Tahun Rilis : Amerika 28 Juni 2005, Jepang 10 Maret 2005
Platform : Windows, Playstation 2
Genre : Turn-based strategy
Theme : Political and History Simulation strategy, Political history simulation, Role-playing game
ESRB : Teen (13 tahun ke atas)
Rating : 8.1 (GameFAQ) 7.2 (GameSpot) 8.7 (IGN) 7.1 (MetaCritic)


SCREENSHOT GAME

Beberapa gambar dari game ROTK X :






 Untuk gambar yang lebih lengkap bisa dikunjungi di : ROTK X Screenshot

VIDEO DEMO

1. Video demo (mikro) gameplay ROTK X (durasi ~3 menit) - hanya turn based strategy-nya saja, lebih lengkap mengacu pada nomor 2.




2. Video gameplay, cerita, filosofi, dan strategi ROTK X dari seorang fanatic gamer (durasi ~50 jam++)

Silakan kunjungi halaman berikut : Let's Play Romance of Three Kingdoms X
ATURAN MAIN
Pemain diberikan kekuasaan sebebas-bebasnya dalam mengendalikan karakternya. Ingin menjadi pelancong? Bisa, ingin menjadi jenderal perang? Bisa, Ingin menjadi walikota? Gubernur? Raja? Semua bisa dilakukan bahkan menjadi pengacau atau pemberontak atau pengkhianat besar pun bisa. Semua terserah dari pemain. Penjelasan aturan main akan sangat kompleks tetapi poin pentingnya akan dijabarkan sebagai berikut.
Konsep utama dari game ini adalah pemain akan ditempatkan di suatu kota di Cina. Lalu tugas pemain adalah menentukan akan jadi apa karakternya. Aturan global dari game ini, pemain akan menyelesaikan permainan dengan beberapa kondisi :
  1. Dataran Cina telah bersatu dalam satu kerajaan dengan atau tanpa karakter pemain menjadi raja.
  2. Semua negara setuju untuk melakukan aksi perdamaian dengan membentuk sebuah aliansi dengan atau tanpa karakter pemain sebagai pejabat di satu negara.
  3. Karakter pemain meninggal dunia entah gugur dalam perang atau dibunuh oleh seseorang atau mengalami masa tua. Tetapi permainan akan tetap berlanjut apabila karakter pemain mempunyai anak atau mempunyai sahabat tersumpah (level tertinggi dari persahabatan dalam sistem pertemanan) dan pemain akan mengendalikan anak atau sahabatnya tersebut.
Asumsikan pemain adalah orang yang penuh ambisi dan ingin menyatukan dataran Cina dalam sistem pemerintahan yang dibuatnya sendiri, otomatis dia harus memiliki kerajaan. Dalam game ini ada beberapa cara untuk membangun sebuah kerajaan.
  1. Menguasai satu kota yang tidak dikuasai oleh kerajaan manapun dan mendirikan kerajaan baru.
  2. Menjadi pejabat dari satu kerajaan lalu menaikkan pangkat dan berharap apabila raja meninggal dunia maka karakter pemain yang dipilih sebagai penggantinya. Opsi ini sulit dilakukan apabila diketahui bahwa raja memiliki putra mahkota (solusinya baca sejarah lebih dahulu untuk mencari raja mana yang tidak memiliki putra mahkota dan kapan meninggalnya).
  3. Menjadi pejabat dari suatu kerajaan, memperluas kekuasaan daerah kuasa pemain sampai lebih besar dari kekuasaan raja lalu melakukan pemberontakan atau kudeta, tapi sebelum itu pastikan semua pejabat lebih condong ke karakter pemain daripada ke rajanya sendiri.
Semua pemain akan mengawali karirnya menjadi [FREE] kecuali pemain memilih karakter yang pada skenario tersebut merupakan pejabat dari sebuah kerajaan. Ketika karakter [FREE] maka yang bisa dilakukan adalah antara lain
  1. Mengujungi puluhan kota yang ada dan menikmati grafis dan backsound musik yang dikemas secara indah bernuansa Cina. Silakan menjadi pelancong sesuka hati menikmati keindahan game ini.
  2. Mengumpulkan pasukan pribadi. Jumlahnya terbatas tergantung kemampuan karakter menjadi seorang pemimpin.
  3. Mengoleksi benda-benda langka. Beberapa benda-benda ini pernah muncul dalam historis Cina.
  4. Membantu penduduk lokal. Ada beberapa misi yang bisa dilakukan pemain.
  5. Menjadi terkenal. Perbuatan positif pada suatu kota ketika pemain bukan pejabat di kota tersebut akan mengharumkan nama karakter pemain.
  6. Berinteraksi dengan ratusan karakter yang bisa dimainkan, semakin tinggi level interaksi maka pemain bisa mendapatkan sahabat tersumpah.
  7. Menguasai kota-kota lain. Disarankan untuk menguasai kota-kota tanpa penguasa karena apabila menyerang sebuah kerajaan maka bisa dipastikan bahwa pemain akan menghadapi sampai ratusan ribu prajurit padahal pemain hanya bisa mengumpulkan beberapa ribu saja.
  8. Melamar menjadi pejabat di sebuah kota. Otomatis karakter akan memiliki pangkat pejabat atau [VASSAL].
Setelah menjadi [VASSAL] maka pemain akan berdiam pada satu kota dan menjadi pejabat daerah. Seperti lazimnya pejabat-pejabat di dunia nyata banyak yang bisa dilakukan termasuk melakukan korupsi, wow, tapi berikut ini yang bisa dilakukan ketika menjadi pejabat
  1. Meningkatkan kesejahteraan kota dengan uang negara. Semakin tinggi kemampuan karakter maka semakin banyak uang yang sisa, tergantung pemain apakah akan dipakai untuk menyejahterakan lebih lanjut atau masuk ke kantong sendiri.
  2. Membentuk pasukan kerajaan. Kalau karakter pemain lebih condong ke ahli militer daripada ahli politik, maka kebanyakan walikota atau [PREFECT] akan menempatkan karakter pemain di daerah militer.
  3. Mengumpulkan barang-barang langka atau melakukan suap menyuap dengan barang-barang langka.
  4. Perang dengan seizin [PREFECT]. Sekali lagi apabila karakter adalah ahli militer atau ahli strategi, selain itu jangan coba-coba karena karakter pemain bisa dengan mudah gugur di medan perang.
  5. Ditugaskan untuk melakukan diplomasi politik ke negara lain atau mencari calon-calon pejabat berpotensi.
  6. Mengundurkan diri kembali menjadi [FREE]
  7. Naik pangkat menjadi [PREFECT]
Ketika menjadi seorang [PREFECT] maka sudut pandang pemain akan sedikit berubah karena mulai saat ini maka pemain akan mengendalikan satu tim yaitu semua pejabat yang ada di kotanya meskipun tidak secara langsung. Seorang [PREFECT] akan mengabdi pada gubernur atau [VICEROY]. Semua yang dilakukan oleh [VASSAL] bisa dilakukan oleh [PREFECT], anggap saja [PREFECT] adalah kumpulan dari [VASSAL] dan bisa melakukan perang dengan kota lain kapanpun dibutuhkan. Beberapa tambahan yang bisa dilakukan oleh [PREFECT] adalah antara lain
  1. Melakukan diplomasi, konspirasi, inspeksi, agitasi terhadap negara lain.
  2. Mengangkat [FREE] menjadi [VASSAL].
  3. Melakukan agresi militer kapanpun.
  4. Memecat [VASSAL].
  5. Menjadi seorang [VICEROY] dengan perintah dari raja atau [SOVEREIGN]
Pada tahap ini, banyak pemain yang akan menyelesaikan gamenya sebelum benar-benar menjadi [SOVEREIGN]. Hal ini disebabkan karena di Cina sistem pemerintahan berasas kekeluargaan sangat dijunjung tinggi, oleh sebab itu jika memang ingin memenangkan game sebagai seorang [SOVEREIGN] disarankan untuk langsung menguasai kota dari [FREE] menjadi [SOVEREIGN]. Filosofi ini juga bisa diterapkan di dunia nyata, akan sangat sulit menguasai sebuah perusahaan apabila kita mendaki tangga korporasi di dalamnya. Akan lebih mudah jika kita membentuk perusahaan kita sendiri dan naik pangkat dari free langsung menjadi direktur :)
Hal-hal yang bisa dilakukan oleh [VICEROY] antara lain
  1. Mengorganisir para [PREFECT].
  2. Mendeklarasikan campaign atau semacam perang dunia. Dengan menggunakan opsi ini maka dataran Cina akan berbuah menjadi semacam papan catur, dan negara yang berpartisipasi dalam campaign akan melakukan perang terbuka dan setiap kota bisa dikuasai hanya dengan beberapa klik saja. Tapi ketika menjadi viceroy, campaign hanya terbatas pada satu provinsi saja.
Selanjutnya adalah seorang [SOVEREIGN] pada dasarnya sama saja dengan [VICEROY] hanya saja daerah kekuasaannya mencakup seluruh kerajaan sedangkan [VICEROY] hanya terbatas pada provinsi. Ketika [SOVEREIGN] mendeklarasikan campaign maka akan terjadi perang besar di seluruh dataran Cina. Tetapi seorang [SOVEREIGN] yang belum mencapai titel Grand General tidak bisa melakukan campaign karena tidak mungkin seorang raja yang menguasai hanya satu kota mendeklarasikan perang dunia.

MENGAPA GAME INI TERBAIK
Bagi saya game ini adalah lifetime game, sebuah guru yang mengajarkan filosofi, strategi, kemampuan politik, dan sejarah bangsa yang besar, maupun pribadi yang besar. Memang di dalam game ini beberapa ada yang fiktif begitu juga dalam buku Romance of The Three Kingdom ada beberapa bagian yang merupakan fantasi Luo Guanzhong semata akan tetapi esensi dari permainan ini adalah bagaimana cara meraih ambisi kita dan mewujudkannya setapak demi setapak dengan menggunakan puluhan ribu strategi. Saya memainkan game ini pada waktu saya masih SMP sekitar 6 sampai 7 tahun yang lalu tapi sampai detik ini saya masih memainkannya karena banyak sekali hal-hal yang belum selesai saya gali dari game ini.
Dari tautan video yang saya sematkan di atas bisa dilihat bahwa ada seorang pemain yang benar-benar menggilai game ini sampai membuat puluhan video (tepatnya 96 video) yang masing-masing berdurasi rata-rata 30 menit, hampir 50 jam atau lebih totalnya. Saya belum sempat menonton semuanya karena lebih seru memainkan game ini sendiri ketimbang melihat orang lain memainkannya. Tapi karena jadwal kuliah yang saat ini mulai padat maka saya mulai melirik untuk menyelesaikan beberapa potongan yang hilang dengan menonton video yang diunggah oleh MysteriousJG di salurannya tersebut.
Kalau Anda penah membaca buku Art of War karangan Sun Tzu, maka aplikasinya bisa diterapkan dalam game ini. Bagaimana kita mengatur pasukan atau bagaimana caranya menjadi pemimpin yang melakukan diplomasi baik secara terang-terangan atau di balik layar.
Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah bangsanya. Lalu apa yang bisa diambil dari permainan ini? Saya bertanya kepada diri saya sendiri, bukankah bangsa saya juga memiliki sejarah yang tidak kalah menariknya dari Kisah Tiga Negara ini? Bagaimana perjuangan Pangeran Diponegoro memperjuangkan rakyatnya melawan penjajah atau mungkin bagaimana historis yang terjadi pada jaman Sepuluh Nopember, banyak sekali yang bisa digali dari bangsa kita sendiri, dan akan menjadi acuan yang menarik dalam pembuatan sebuah permainan.
Mungkin ke depan akan muncul developer-developer game berbakat dari bumi pertiwi yang akan mengkristalkan sejarah bangsa kita ini menjadi sebuah catatan historis interaktif dalam bentuk sebuah permainan sehingga kelak dapat dinikmati oleh generasi mendatang dan juga tentunya lebih menarik daripada hanya berbentuk sebuah teks book berisi ribuan kalimat.
Itulah beberapa alasan mengapa game ini terbaik bagi saya, karena menurut saya game yang baik adalah game yang mempunyai refleksi positif terhadap kehidupan di dunia nyata tapi tetap tidak meninggalkan unsur kesenangan dalam bermain sebuah game.

TENTANG PEREVIEW

NRP : 511010165
Nama : Adam Gegi Yowanda

Facebook Badge

Adam Gegi Yowanda

Create Your Badge 
Anda baru saja membaca artikel Situs GAME NETBOOK GRATIS .exe .zip .rar yang berkategori 5110100165 / Romance of The Three Kingdoms X / tugas review game terbaik dengan judul Romance of The Three Kingdoms X. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://netbook-game.blogspot.com/2013/09/romance-of-three-kingdoms-x.html. Terima kasih!
Posted by: Primbon Jawa Romance of The Three Kingdoms X Updated at : 02.33
http://netbook-game.blogspot.com/ - Game Netbook Populer Lainya 2014 :

Belum ada komentar untuk "Romance of The Three Kingdoms X"

Posting Komentar